Sukses

Bulgogi hingga Mukbang, 26 Kata Bahasa Korea Ditambahkan ke Kamus Bahasa Inggris Oxford

Pengaruh Korea Selatan kian mempengaruhi, kini mencapai Oxford English Dictionary (OED) atau kamus bahasa Inggris Oxford.

Liputan6.com, Jakarta - Baik itu menonton acara seperti Squid Game atau mendengarkan lagu BTS seperti Butter atau Dynamite, kemungkinan besar semacam pengaruh Korea dsudah melingkupi hidup Anda.

Dan sekarang pengaruh Korea Selatan telah mencapai Oxford English Dictionary (OED). "Otoritas penerimaan bahasa Inggris" telah menambahkan 26 kata baru asal Korea ke edisi terbarunya.

Dengan tambahan ini, "kita semua menaiki puncak Korean wave" kata OED dalam sebuah pernyataan.

Korean Wave adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global.

Mengutip BBC, Rabu (8/10/2021), makanan Korea sangat menonjol dalam daftar terbaru, dengan beberapa tambahan baru.

Berikut ini di antaranya:

  • Banchan, kata benda. - Lauk kecil sayuran, disajikan bersama nasi sebagai bagian dari makanan khas Korea.
  • Bulgogi, n. - Dalam masakan Korea: hidangan irisan tipis daging sapi atau babi yang diasinkan kemudian dipanggang atau digoreng.
  • Kimbap, n. - Hidangan Korea yang terdiri dari nasi matang dan bahan-bahan lain yang dibungkus dengan selembar rumput laut dan dipotong-potong seukuran gigitan.

Dengan kesuksesan internasional sejumlah judul film asal Negeri K-Pop itu seperti Squid Game, Parasite, dan kepopuleran BTS, tidak mengherankan jika budaya pop Korea Selatan juga terwakili dalam daftar terbaru kamus bahasa Inggris keluaran Oxford.

Berikut ini di antaranya:

  • Hallyu, n. - Peningkatan minat internasional di Korea Selatan dan budaya populernya, yang diwakili oleh kesuksesan global musik, film, TV, mode, dan makanan Korea Selatan.
  • K-drama, n. - Serial televisi dalam bahasa Korea dan diproduksi di Korea Selatan.
  • Manhwa, n. - Genre kartun dan buku komik Korea, sering dipengaruhi oleh manga Jepang.
  • Mukbang, n. - Sebuah video, khususnya. Salah satu yang disiarkan langsung, yang menampilkan seseorang makan dalam jumlah besar dan berbicara dengan penonton.

OED mengatakan memasukkan begitu banyak kata Korea merupakan pengakuan atas pergeseran bahasa yang digunakan oleh penutur bahasa Inggris.

"Mereka menunjukkan bagaimana orang Asia di berbagai belahan benua menemukan dan bertukar kata dalam konteks lokal mereka sendiri, kemudian memperkenalkan kata-kata ini ke seluruh dunia berbahasa Inggris, sehingga memungkinkan Korean Wave terus beriak di lautan kata-kata bahasa Inggris."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola Pikir Global

Keberhasilan ekspor budaya Korea seperti Squid Game atau Parasite dapat dimasukkan ke pemikiran global yang lebih besar oleh produser berbudaya, menurut Dr Hye-Kyung Lee dari King's College London.

"Sudah lebih dari 10 tahun sejak awal kesuksesan K-pop, jadi produser budaya Korea memiliki pola pikir global," kata Dr Lee, yang meneliti budaya dan seni, melihat kebangkitan K-drama dan K-pop.

Dr Hye-Kyung Lee mengatakan karakter dalam K-drama adalah orang-orang yang memiliki hubungan dengan Inggris dan secara internasional, terlepas dari perbedaan geografi dan bahasa.

"Karakter tidak memiliki banyak harapan, mereka tidak memiliki masa depan dan hanya berjuang untuk bertahan hidup."

 "Drama atau film ini menghibur, dan mereka memiliki sesuatu yang unik yang dapat menarik perhatian orang-orang di seluruh dunia."

"Mereka menyajikan kritik terhadap masyarakat dan kondisi sosial ekonomi, yang dapat dihubungkan orang melalui karakter."

Dia mengatakan industri ini telah menyusul negara-negara Barat dalam hal produksi budaya dan percaya itu akan terus tumbuh.

“Dari segi teknologi dan talenta, mereka mutakhir dan memiliki kapasitas yang kuat untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi,” tambah Dr Hye-Kyung Lee.

Bukti Kebangkitan Budaya Korea di Inggris

Keberhasilan ekspor budaya Korea Selatan di Inggris sejatinya sudah berlangsung sejak lama.

Pada tahun 2012, Anda mungkin ingat lagu Gangnam Style yang dinyanyikan rapper Psy, yang menjadi bintang pop Korea Selatan pertama yang berhasil mencapai puncak tangga lagu single Inggris.

Film pemenang Oscar Parasite saat ini juga menjadi film berbahasa non-Inggris dengan pendapatan kotor tertinggi di Inggris.

Dan grup pop BTS menjadi artis Korea pertama yang mencetak album chart-topping di Inggris - dan muncul di Radio 1 tahun ini, merekam penampilan di Live Lounge.

Squid Game saat ini juga berada di jalur untuk menjadi serial Netflix yang paling banyak ditonton - masuk dalam daftar 10 besar Inggris dan 95% pemirsa acara tersebut berasal dari luar Korea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.