Sukses

Petinju Manny Pacquiao Resmi Daftar Jadi Capres Filipina

Manny Pacquiao menambah daftar selebritas di dunia yang maju jadi capres.

Liputan6.com, Manila - Petinju Manny Pacquiao resmi mendaftarkan diri sebagai calon presiden di Filipina. Ia maju bersama Partai Progressive Movement for the Devolution of Initiative (PROMDI).

Hal ini menambah daftar selebritas di dunia yang mencoba peruntungan di pilpres. Yang paling terkenal tentunya Presiden Donald Trump, kemudian ada pula Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Berdasarkan laporan Philstar, Jumat (1/10/2021), Manny Pacquiao mendaftar di hari pertama pendaftaran capres pada hari ini. Ia didampingi oleh istrinya, Jinkee Pacquiao.

Pemilihan presiden (pilpres) di Filipina akan digelar 2022. 

Status Manny Pacquiao saat ini adalah seorang senator. Pada 2016, ia terpilih ke periode dua. Sebelumnya, ia adalah DPR mewakili Sarangani. Istrinya pun dulu pernah menjadi wakil gubernur Sarangani.

Turut mendampingi Manny adalah politikus senior Lito Atienza yang menjadi calon wakil presidennya.

Lito adalah anggota DPR, dan pernah menjabat menjadi menteri di kabinet Presiden Gloria Macapagal Arroyo, serta sebagai walikota Manila dari 1998-2007.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melawan Duterte

Manny Pacquiao akan berhadapan dengan Presiden Rodrigo Duterte yang ingin maju lagi. Akan tetapi, kali ini Duterte mencalonkan diri sebagai wakil presiden. 

Filipina hanya mengizinkan satu periode saja. Rodrigo maju kembali ke pilpres 2022 bersama Senator Bong Go. 

Sekadar catatan, Bong Go sudah lama menjadi anak buah Duterte. Ketika Duterte masih menjadi wali kota di Davao, Bong Go juga telah menjadi bawahan Duterte. 

Saat Duterte jadi presiden, Bong Go berada di ring satu sebagai asisten kepresidenan. 

Bila Duterte menang lagi, maka ia akan berada di kursi pemerintahan dengan total 12 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini