Sukses

Yordania Buka Kembali Perlintasan Utama dengan Suriah, Atas Nama Ekonomi

Yordania telah membuka perlintasan utamanya dengan Suriah demi mendorong ekonomi mereka.

Liputan6.com, Jakarta Yordania sepenuhnya membuka kembali perbatasan penyeberangan utamanya dengan Suriah pada hari Rabu, dalam rangka mendorong ekonomi mereka yang sedang berjuang akibat desakan oleh negara-negara Arab lainnya untuk mengintegrasikan kembali negara yang telah mereka hindari antar-perang saudara selama satu dekade.

Suriah, yang menyalahkan sanksi Barat atas kesengsaraan ekonominya, berharap hubungan bisnis yang lebih luas dengan tetangga selatannya dapat membantunya pulih dari perang yang menghancurkan dan penarikan mata uang asing yang sangat dibutuhkan.

"Tujuan dari kesepahaman ini adalah untuk meningkatkan pertukaran perdagangan antara kedua negara untuk mencapai kepentingan setiap pihak," kata Menteri Perindustrian dan Perdagangan Yordania, Maha Al Ali, kepada televisi milik negara Al Mamlaka yang dikutip dari US News Rabu (29/9/2021).

Para pejabat di Yordania, yang merupakan sekutu dekat AS, dan Lebanon telah mendesak Washington untuk melonggarkan sanksi terhadap Suriah guna memfasilitasi perdagangan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memutuskan Hubungan dengan Suriah

Yordania, Lebanon, Suriah dan Mesir yang merupakan sekutu dekat AS, bulan ini mencapai kesepakatan untuk mengirim gas alam Mesir ke Lebanon melalui Suriah menggunakan pipa yang dibangun sekitar 20 tahun lalu dalam sebuah proyek kerjasama Arab.

Negara-negara Arab memutuskan hubungan dengan Suriah selama perang saudara, yang menurut PBB telah merenggut sedikitnya 350.209 jiwa.

Negara-negara Arab sekutu AS termasuk Qatar, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mendukung kelompok oposisi yang memerangi Presiden Bashar al-Assad selama bertahun-tahun tetapi Damaskus mampu menghancurkan pemberontak dengan dukungan militer dari Rusia dan Iran.

Meskipun penyeberangan Jaber sebagian telah dibuka sejak 2018 setelah pemerintah Suriah mengusir pemberontak dari selatan, namun perdagangan belum pulih ke tingkat sebelum perang senilai $1 miliar atau setara dengan 14 triliun Rupiah.

3 dari 4 halaman

Melonggarkan Perbatasan Impor

Pejabat Yordania mengatakan delegasi perdagangan yang berkunjung dari Suriah, yang dipimpin oleh menteri ekonomi, perdagangan, pertanian, air dan listrik akan membahas pencabutan hambatan tarif.

Sebelum konflik di Suriah, perlintasan Nasib-Jaber merupakan jalur transit ratusan truk yang setiap harinya yang mengangkut barang antara Eropa, Turki dan Teluk.

Pengusaha dari Yordania sebagian besar telah menghindari berurusan dengan Suriah setelah adanya Caesar Act 2019, sanksi AS terberat yang melarang perusahaan asing berdagang dengan Damaskus.

Amman berharap perdagangan lintas batas dan jaringan transportasi yang diperbarui akan membantu meningkatkan ekonominya yang terlilit utang, yang terpukul parah tahun lalu oleh pandemi virus corona.

Pengusaha Yordania telah melobi pemerintah untuk meminta Washington melonggarkan perbatasan impor dari Suriah, di mana para pedagang telah lama memiliki kemitraan yang erat.

Satu-satunya penyeberangan perbatasan Suriah yang biasanya beroperasi adalah dengan Lebanon, dan Irak pembukaan kembali penyebrangan Qaim pada tahun 2019 silam.

Assad telah merebut kembali sebagian besar wilayah Suriah, tetapi daerah-daerah yang signifikan tetap berada di luar kendalinya.

Pasukan Turki dikerahkan di sebagian besar utara dan barat laut, dan pasukan AS ditempatkan di timur dan timur laut yang dikuasai Kurdi.

Penulis : Azarine Natazia

4 dari 4 halaman

Infografis Kota Taklukan ISIS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.