Sukses

29 September 2021: 232,7 Juta Kasus COVID-19 Dunia, Infeksi di Turki Tembus 7 Juta

Berikut ini update kasus COVID-19 di seluruh dunia.

Liputan6.com, Ankara - Total kasus COVID-19 di dunia mencapai 232,7 juta berdasarkan data Johns Hopkins University, per Rabu (29/9/2021). Selama 28 hari terakhir, ada 15,1 juta infeksi baru.

Total kematian mencapai 4,7 juta dengan 245 ribu berasal dari 28 hari terakhir, sementara angka vaksinasi mencapai 6,1 miliar dosis.

Negara-negara di dunia mulai menyuntikan vaksin booster kepada lansia. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sudah menerima dosis Pfizer ketiga.

Kerajaan Arab Saudi juga akan segera menyuntik vaksin booster kepada lansia.

Jepang rencananya akan mencabut status darurat COVID-19 besok. Pencabutan ini dilakukan secara nasional setelah diterapkan sejak April 2021 dengan level berbeda-beda.

Terkait keparahan kasus, AS, Inggris, dan India masih berada tiga besar kasus baru tertinggi. AS mencatat total 43,2 juta kasus.

Kasus Virus Corona COVID-19 di Turki juga parah dengan total 7 juta kasus. 700 ribu di antaranya berasal dari 28 hari terakhir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rata-Rata Kematian akibat COVID-19 di RI Masih Tinggi

Pemerintah terus berupaya menurunkan angka kasus COVID-19 hingga titik terendah. Walaupun perkembangan COVID-19 di Indonesia saat ini membaik, penurunan kasus aktif dan kematian diupayakan.

Epidemiolog Masdalina Pane dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) mengatakan, upaya pengendalian COVID-19 harus tepat sasaran dan sistematis.

 

"Ini berupa intervensi pada kasus dan kontak erat, sehingga tidak akan berpengaruh pada ekonomi, pendidikan maupun kehidupan sosial masyarakat,” kata Masdalina dalam dialog pada Selasa, 28 September 2021.

"Masyarakat diharapkan tetap disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), mendukung pemerintah agar memperkuat 3T (testing, tracing, treatment), serta percepatan vaksinasi."

Jumlah kematian di Indonesia memang turun, tapi menurut Masdalina, case fatality rate (rata-rata angka kematian) masih cukup tinggi, yakni 3,4 persen. Sementara itu, angka rata-rata kematian global adalah 2 persen dan Asia 1,5 persen.

"Masyarakat segera melakukan vaksinasi agar lebih terlindungi dari risiko sakit berat dan kematian saat terpapar virus Corona," lanjutnya.

“Negara dengan cakupan vaksinasi tinggi, biasanya angka kematian rendah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.