Sukses

Squid Game Dituding Plagiat Film Jepang? Ini Respons Sang Sutradara

Serial Netflix asal Korea, Squid Game sedang sangat naik daun. Belakangan ini, muncul tudingan terhadap serial itu plagiat film Jepang.

Liputan6.com, Seoul - Serial Netflix, Squid Game menjadi semakin populer baru-baru ini dan bahkan banyak yang membuat meme tentangnya di media sosial.

Namun, beberapa penonton telah menyadari bahwa beberapa adegan dalam serial Korea tersebut mirip dengan yang ada di film Jepang, As The Gods Will, yang dirilis pada tahun 2014.

Dilansir dari laman World of Buzz, Selasa (28/9/2021), adegan khusus yang dimaksudkan adalah episode pertama dalam Squid Game, di mana para pemain terbunuh satu per satu selama permainan pertama yang disebut 'Lampu Merah, Lampu Hijau'. As The Gods Will pun menampilkan adegan menegangkan yang mirip selama survival deathmatch.

Kedua permainan memperlihatkan jam hitung mundur dan kepala boneka raksasa, dalam film Squid Game maupun As The Gods Will.

Bagaimanapun, sang sutradara Squid Games, Hwang Dong-hyuk telah membantah tuduhan tersebut dan mengklaim bahwa ia yang memiliki ide tersebut pertama kali karena naskah untuk serial Squid Game telah dikerjakan dari tahun 2008 hingga 2009.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sutradara Squid Game: Saya Melakukannya Terlebih Dahulu

"Memang benar (permainan pertama) mirip, tetapi setelah itu, tidak ada kesamaan lagi," ujarnya dalam konferensi pers.

Ia juga menambahkan bahwa As The Gods Will dibuat tahun 2010-an, setelah ide awalnya untuk Squid Game, yang ia dapat setelah membaca banyak manga genre survival.

Meski ragu-ragu untuk mengklaim kepemilikan ide tersebut, ia mengatakan: "Tetapi jika saya harus mengatakannya, saya akan mengatakan bahwa saya melakukannya terlebih dahulu."

Sejak saat itu Dong-hyuk mendapat kritikan dari netizen terkait dengan sikapnya terhadap masalah ini dan mengatakan bahwa  ia tidak membahas dengan benar mengapa bergitu banyak adegan dalam Squid Game yang mirip dengan As The Gods Will, lapor Today Online.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.