Sukses

Samurai hingga Putri Duyung, 5 Anime Jepang Berdasarkan Mitos dan Legenda

Anime yang merupakan animasi dari Jepang sering memuat cerita menarik dan fantasi, tetapi ada beberapa diantaranya yang berkisah tentang mitos atau legenda Jepang

Liputan6.com, Jakarta Anime adalah medium yang sering digunakan untuk menceritakan hal-hal fantastik, tetapi ternyata, beberapa anime Jepang ceritanya didasarkan pada mitos dan legenda yang sudah lama ada.

Inilah beberapa contoh Anime Jepang berdasarkan mitos dan legenda, yang dilansir dari laman The Culture Trip, Senin (27/9/2021):

1. Musashi – The Dream of The Last Samurai

Ilustrasi Miyamoto Musashi (wikimedia commons)

Di Jepang, Miyamoto Musashi adalah nama yang akrab seperti Raja Arthur bagi orang Inggris. Musashi adalah pendekar pedang legendaris abad ke-17, penulis, seniman dan penyair, filsuf-pejuang klasik.

Sepasang suami istri tua yang ramah menemukan bayi mungil di dalam batang tanaman bambu. Dalam anime ini (ditulis oleh sutradara Ghost In The Shell Mamoru Oshii), penonton dibawa masuk dalam hidupnya, dari asal-usulnya yang misterius hingga kematiannya pada tahun 1645.

2. The Tale of The Princess Kaguya

Ilustrasi Penemuan Putri Kaguya (wikimedia commons)

The Tale of The Princess Kaguya yang diproduksi oleh Studio Ghibli berhasil menciptakan seni yang indah dengan mengangkat kisah rakyat Jepang yang terkenal ini.

Sepasang suami istri tua yang ramah menemukan bayi mungil di dalam batang tanaman bambu. Ia dibesarkan dengan penuh cinta dan tumbuh menjadi perempuan muda yang cantik dan dewasa.

Pencaran identitas dipenuhi ketegangan Putri Kaguya penuh ketegangan. The Tale of The Princess Kaguya memiliki akhit yang mengharukan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Yamishibai

Siapa pun yang menyukai antologi horor akan menyukai anime ini. Yamishibai adalah kumpulan cerita hantu berdasarkan mitos dan legenda urban asal Jepang. Format pertunjukan didasarkan pada metode tradisional kamishibai dalam mendongeng Jepang, di mana figur kertas digunakan untuk memainkan aksinya.

Bahkan intro acaranya menyeramkan, ketika seorang pria bertopeng tiba di taman bermain anak-anak untuk menceritakan kisah-kisah teror yang dipilih kepada anak-anak muda.

Semua kiasan horor khas Jepang – rambut hitam panjang, kutukan kuno, benda-benda berhantu, pegawai yang terkepung – dapat ditemukan dengan berlimpah. Yamishibai memulai debutnya di Jepang pada tahun 2013 dan menjadi sangaat populer.

4. Pom Poko

Judul anime Pom Poko (wikimedia commons)

Tanuki Jepang adalah makhluk dengan sejarah yang tenggelam dalam cerita rakyat negara itu. Dahulu kala, menurut legenda, mereka adalah makhluk gaib yang mampu mengubah wujud mereka dan bahkan menyanyikan lagu.

Anime hasil garapan Studio Ghibli ini menceritakan kisah tanuki yang tempat tinggalnya terancam oleh pembangunan perkotaan, dan yang harus bekerja sama untuk menyelamatkan rumah mereka.

Banyak komedi terjadi ketika makhluk-makhluk itu bertengkar di antara mereka sendiri ketika mencoba menemukan kembali kemampuan magis mereka.

5. Mermaid Forest

Ilustrasi puteri duyung (pixabay)

Putri duyung adalah tokoh mitologi populer yang muncul dalam segala hal mulai dari film keluarga klasik hingga musikal horor Polandia.

Jepang memiliki pandangan sendiri tentang putri duyung dengan Yao Bikuni, makhluk mirip ikan yang dagingnya dapat memberikan hampir keabadian jika dimakan.

Manga auteur Rumiko Takahashi membuat manga berdasarkan legenda ini yang kemudian diadaptasi menjadi anime.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos

  • Anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer.
    Anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer.

    Anime

  • Berita Terkini