Sukses

Korea Utara: Masih Ada Harapan Berdamai dengan Korea Selatan

Pyongyang mulai bersedia mempertimbangkan pertemuan Konferesni Tingkat Tinggi (KTT) dengan Korea Selatan.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara bersedia mempertimbangkan pertemuan Konferesni Tingkat Tinggi (KTT) dengan Korea Selatan, kata kantor berita negara KCNA pada Sabtu (25/9), mengutip Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Saat itu, Korea Selatan menyambut baik prospek pertemuan tersebut.

Dilansir CNN, Senin (27/9/2021), Kementerian Unifikasi mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan untuk segera terlibat dalam pembicaraan dengan Pyongyang, dan mendesak kebutuhan untuk memulihkan hubungan hotline antara keduanya.

Komentar itu muncul sehari setelah Korea Utara mendesak Amerika Serikat dan Korea Selatan pekan lalu untuk meninggalkan kebijakan bermusuhan dan standar ganda mereka, jika pembicaraan formal akan diadakan untuk mengakhiri Perang Korea 1950-1953.

Pencarian senjata nuklir Korea Utara telah memperumit pertanyaan tentang akhir resmi perang, yang dihentikan dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai, membuat pasukan PBB yang dipimpin AS secara teknis masih berperang dengan Utara.

"Saya pikir hanya ketika ketidakberpihakan dan sikap menghormati satu sama lain dipertahankan, dapat ada pemahaman yang lancar antara utara dan selatan," kata Kim Yo-jong, yang merupakan orang kepercayaan Kim Jong-un.

Diskusi konstruktif menawarkan kesempatan untuk solusi pada isu-isu seperti "pembentukan kembali kantor penghubung bersama dan KTT utara-selatan, agar tidak mengatakan apa-apa tentang deklarasi tepat waktu dari penghentian perang yang signifikan", tambahnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terhalang Oleh Program Nuklir dan Rudal Korea Utara

Sebelumnya, di Majelis Umum PBB, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah mengulangi seruan untuk mengakhiri perang secara resmi.

Namun, kemudian mengatakan jika ingin kemajuan seperti itu, sebaiknya dilakukan sebelum masa jabatannya berakhir pada Mei 2022. Korea Utara telah berusaha untuk mengakhiri perang selama beberapa dekade, tetapi Amerika Serikat enggan untuk menyetujuinya, kecuali jika Korea Utara menyerahkan senjata nuklirnya.

Saat sambutannya di hari Sabtu, Kim Yo-jong mengatakan bahwa ia memperhatikan dengan penuh minat diskusi yang intens di Selatan mengenai prospek baru dari deklarasi resmi berakhirnya Perang Korea.

"Saya merasa bahwa suasana publik Korea Selatan yang ingin memulihkan hubungan antar-Korea dari kebuntuan dan mencapai stabilitas damai sesegera mungkin sangat kuat," kata Kim Yo-jong.

"Kami juga memiliki keinginan yang sama." lanjutnya.

Pada hari Minggu, menanggapi pernyataan tersebut, Kementerian Unifikasi Seoul mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Untuk diskusi ini, jalur komunikasi antar-Korea pertama-tama harus dipulihkan dengan cepat, karena komunikasi yang lancar dan stabil adalah penting."

Pembicaraan dengan Amerika Serikat telah terhenti sejak 2019, ketika harapan telah tumbuh untuk deklarasi mengakhiri perang, bahkan jika bukan perjanjian yang sebenarnya, menjelang pertemuan puncak bersejarah mantan Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura.

Dalam pidatonya sendiri di PBB, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan dia ingin diplomasi berkelanjutan untuk menyelesaikan krisis atas program nuklir dan rudal. Namun, Korea Utara telah menolak tawaran AS untuk terlibat dalam dialog dan kepala pengawas atom PBB mengatakan minggu ini bahwa program nuklirnya akan berjalan penuh.

 

Penulis : Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Hasil Utama KTT Korea Utara Korea Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.