Sukses

Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Pulau Kreta Yunani dan Berpotensi Tsunami

Gempa bumi magnitudo 6,5 telah memicu peringatan tsunami di pulau terbesar di Yunani, Crete (Kreta) yang populer di kalangan turis dan ekspatriat Inggris.

Liputan6.com, Pulau Kreta - Gempa bumi bermagnitudo 6,5 mengguncang Crete atau Pulau Kreta di Yunani yang memicu peringatan tsunami.

Menurut media lokal, seperti dikutip dari The Sun, Senin (27/9/2021), getaran gempa tersebut telah memicu kepanikan di ibu kota pulau itu, Heraklion. Para penduduk melarikan diri dari bangunan yang "bergetar".

Ada laporan batu jatuh di jalan yang mengakibatkan kerusakan pada properti.

Gempa tersebut telah memicu peringatan tsunami di pulau terbesar di Yunani, yang populer di kalangan turis dan ekspatriat Inggris.

Sejauh ini tak ada korban luka yang dilaporkan, kata reporter lokal Manolis Kostidis.

Gempa bumi di Yunani itu memiliki kedalaman 2 km dan pusat gempa berada di 23 km barat laut ibu kota.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterangan Saksi Mata Gempa

Seorang warga setempat mentweet: "Oke, itu berkesan- saat kami menyelesaikan sarapan, terdengar seperti sebuah truk akan melewati dinding dan semuanya berguncang.

"Laporan online menunjukkan gempa berkekuatan magnitudo 5,6 hingga 6,3 berpusat beberapa kilometer jauhnya. #Kreta."

Penduduk lain menulis: "Saya gemetar hebat, ini adalah gempa bumi terbesar dan paling menakutkan yang pernah saya alami."

Menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC), gempa berkekuatan magnitudo 6,5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.