Sukses

Kerap Usik Kedaulatan Indonesia, Ini 5 Fakta Soal Vanuatu

Bukan kali pertama Vanuatu mengusik kedaulatan Indonesia. Di sidang-sidang PBB sebelumnya, negara tersebut kerap mengangkat isu Papua.

Liputan6.com, New York - Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman Weiber mengatakan bahwa "Papua Barat masih berjuang untuk hak menentukan nasib sendiri" --mereferensikan wilayah Papua yang menjadi teritori Indonesia.

Delegasi Indonesia untuk Sidang Umum PBB ke-76 pun langsung menyampaikan hak jawab menyusul langkah Vanuatu yang kembali mengungkit lagi isu Papua dalam majelis tersebut.

Delegasi Indonesia menyebut Vanuatu "membela separatisme dengan kedok keprihatinan HAM", sementara di sisi lain justru memilih diam ketika "kelompok kriminal separatis bersenjata" melakukan "tindak teror keji" di Papua.

Ini bukan kali pertama Vanuatu mengusik kedaulatan Indonesia. Di sidang-sidang PBB sebelumnya, negara tersebut kerap mengangkat isu Papua.

Lalu, di manakah letak Vanuatu, seberapa besar luas wilayah hingga jumlah penduduknya?

Seperti dikutip dari laman UN.Int, Senin (27/9/2021), berikut ini lima fakta soal Vanuatu:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Negara Kecil di Pasifik

Vanuatu merupakan negara kecil yang terdiri dari rantai berbentuk Y dari empat pulau utama dan 80 pulau kecil, membentang sejauh 1.100 km.

Vanuatu adalah bagian dari Melanesia, sekelompok pulau yang secara etnis dan geografis berbeda dari Mikronesia dan Polinesia, terletak di antara Kaledonia Baru dan Fiji di Pasifik Selatan.

 

3 dari 6 halaman

2. Pulau Terbesar Berukuran 2.266 km persegi

Pulau terbesar adalah Espiritu Santo (875 sq mi; 2.266 km persegi); lainnya adalah Efate, Malekula, Malo, Pentakosta, dan Tanna.

Vanuatu memiliki organisasi sosial berbasis desa yang sangat terstruktur, hierarkis.

Pada tahun 2013, populasi Vanuatu diperkirakan mencapai 252.000 dengan seperlima dari populasi tinggal di ibu kota Port Vila dan mayoritas (76%) tinggal di desa-desa yang berpenduduk kurang dari 200 orang.

 

4 dari 6 halaman

3. Ada 113 Bahasa

Vanuatu membanggakan 113 bahasa yang berbeda dan dialek yang tak terhitung banyaknya. Ini menjadikannya salah satu negara dengan budaya paling beragam di dunia.

Vanuatu memiliki tiga bahasa resmi: Bislama (bahasa Inggris pidgin), Prancis dan Inggris. Populasinya didominasi kaum muda dengan 62% dari populasi di bawah 24 tahun.

 

5 dari 6 halaman

4. Kondisi Ekonomi

Indeks pembangunan manusia Vanuatu pada tahun 2012 adalah 0,626, memposisikannya di 124 dari 187 negara. PDB per kapita 2013 adalah USD 3.277 (Bank Dunia).

Sebelum kemerdekaannya pada tahun 1980, Vanuatu dikelola bersama oleh Prancis dan Inggris yang dikenal sebagai Hebrides Baru selama 74 tahun.

Hari ini, Vanuatu adalah republik dengan kepresidenan non-eksekutif. Presiden dipilih oleh Parlemen bersama dengan Presiden dewan regional dan menjabat selama lima tahun.

 

6 dari 6 halaman

5. Fakta Lainnya

Populasi: 252.000 (perkiraan Biro Statistik Vanuatu pada 2013)

Ibukota: Port-Vila

Luas: 12.190 kilometer persegi (4.707 mil persegi)

Bahasa: Bislama, Inggris, Prancis, dan lebih dari 100 bahasa lokal

Agama: Protestan, Katolik, kepercayaan pribumi

Mata uang: Vatu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.