Sukses

Bantu Penanganan COVID-19 Indonesia, AS Dukung Dirikan Situs Vaksinasi di Jakarta

Amerika Serikat kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia dengan mendirikan situs vaksinasi di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia dengan mendirikan situs vaksinasi di Jakarta.

Situs vaksinasi tersebut didirikan berkat dukungan pemerintah Indonesia, pemerintah AS, dan lembaga bantuan USAID.

Dalam sambutannya, Dubes AS untuk Indonesia Sung Y. Kim menyatakan telah menyediakan lebih dari Rp 1 triliun untuk mendukung upaya penanggulangan pandemi di Indonesia.

"Termasuk pusat vaksinasi seperti yang ada di sini hari ini," kata Dubes Kim dalam kunjungannya ke situs vaksinasi yang dimaksud, dikutip dari pernyataan resmi yang diterima pada Minggu (26/9/2021)

Turut hadir dalam agenda kunjungan tersebut Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, Kolonel TNI Piter Dwi Ardianto, dan Direktur USAID Ryan Washburn.

Amerika Serikat diketahui telah memberikan donasi vaksin COVID-19 terbaru kepada Indonesia sebanyak 4,6 juta dosis vaksin Pfizer.

"Pagi ini, sangat menggembirakan melihat vaksin Pfizer benar-benar digunakan, untuk menjaga agar keluarga-keluarga Indonesia tetap aman, dan membawa kita semakin dekat dengan pembukaan kembali perekonomian Indonesia secara aman," jelas Dubes Kim.

Donasi vaksin Pfizer dan Moderna dari AS kepada Indonesia baru-baru ini merupakan bagian dari komitmen Presiden Biden untuk membagikan 1,1 miliar dosis vaksin yang aman dan efektif kepada dunia, untuk menyelamatkan jiwa dan memerangi COVID.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AS Akan Sumbang 800 Ribu Vaksin COVID-19 Tambahan untuk Indonesia Via COVAX

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan bahwa Indonesia akan kembali menerima sumbangan vaksin COVID-19 dari Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Total 800.000 vaksin COVID-19 tersebut akan disumbangkan oleh Negeri Paman Sam ke RI melalui inisiatif pemerataan distribusi vaksin global COVAX Facility.

Retno, selepas mengadakan pertemuan dengan US Under Secretary for Political Affairs Victoria Nulan, menjelaskan bahwa "AS kembali menyampaikan keputusan untuk memberikan tambahan vaksin kepada Indonesia melalui COVAX Facility sebesar kurang lebih 800.000 dosis."

"Jadi sekali lagi, ada komitmen baru menambah vaksin 800.000 dosis melalui Covax Facility dan dalam waktu dekat akan tiba di Indonesia," jelas Retno saat memberikan keterangan pers pada Sabtu, 25 September 2021.

Sebelumnya, Indonesia telah menerima 12,665,060 dosis vaksin dari Amerika Serikat.

Indonesia juga telah menerima bantuan dose-sharing vaksin COVID-19 dari Belanda, Jepang, dan Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.