Sukses

COVID-19 Meluas, Kamboja Batalkan Acara Festival Kematian Tahunan

Kamboja membatalkan acara yang disebut "Festival Orang Mati" yang biasa digelar secara tahunan.

Liputan6.com, Phnom Penh - Kamboja telah membatalkan "Festival Orang Mati" - hari libur tahunan di mana umat Buddha memberi penghormatan kepada kerabat yang meninggal.

Acara tersebut dibatalkan setelah wabah virus corona meluas di antara para biksu di ibu kota.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Sabtu (25/9/2021), para peserta festival di seluruh negeri mengunjungi pagoda selama festival Pchum Ben selama dua minggu untuk mempersembahkan doa dan makanan kepada arwah leluhur mereka.

Peringatan tahun ini dimulai pada Rabu (22 September) tetapi akan berakhir lebih awal pada akhir pekan setelah hampir 50 biksu Buddha dinyatakan positif terkena virus corona dan pihak berwenang mengunci kuil mereka di Phnom Penh.

Pembatalan festival itu "diperlukan untuk mengendalikan penyebaran COVID-19 ... pada saat Kamboja membuka kembali sekolah dan berencana untuk membuka kembali negara itu," kata Perdana Menteri Hun Sen dalam pernyataan pada Kamis malam.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus COVID-19 di Kamboja

Kamboja sebagian besar menghindari penyebaran pandemi tahun lalu tetapi lonjakan infeksi sejak itu telah melihat lebih dari 105.000 kasus dan hampir 2.200 kematian.

Meski demikian, Kamboja mendapat pujian atas upaya vaksin yang cepat, dengan kementerian kesehatan Kamboja mengklaim bahwa lebih dari 98 persen populasi orang dewasa negara itu telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. 

Sekolah di beberapa bagian berisiko rendah di negara itu dibuka kembali minggu lalu dan Hun Sen mengatakan skema percontohan untuk memungkinkan pelancong internasional yang divaksinasi penuh untuk berkunjung sedang dipertimbangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini