Sukses

Influencer Gabby Petito Tewas Dibunuh, FBI Rilis Surat Perintah Penangkapan Kekasihnya

FBI mengeluarkan surat perintah untuk menangkap kekasih Gabby Petito.

Liputan6.com, Jakarta - FBI telah mengeluarkan surat perintah penangkapan federal untuk Brian Laundrie, pacar Gabby Petito karena "penggunaan perangkat yang tidak sah" setelah kematian gadis yang dikenal sebagai travel influencer itu. Ia sering menggunakan tagar #vanlife pada unggahannya di TikTok dan platform media sosial lainnya.

Dikutip dari laman BBC, Jumat (24/9/2021), surat dakwaan mengatakan Brian Laundrie menggunakan kartu debit dan nomor PIN untuk rekening yang bukan miliknya antara 30 Agustus dan 1 September.

Jasad Gabby Petito ditemukan pada Minggu 19 September di dalam sebuah taman yang telah dikunjungi pasangan itu.

Diketahui, Laundrie saat ini hilang. Keluarganya mengatakan dia terakhir terlihat pada 14 September.

Para pejabat sedang mencarinya di cagar alam Florida.

Pasangan itu telah bepergian selama beberapa minggu sebelum Laundrie yang berusia 23 tahun pulang ke Florida sendirian dengan van putih mereka pada 1 September. Dia tidak menghubungi polisi atau keluarga Petito sekembalinya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gabby Petito Ditemukan Tewas

Keluarga Petito melaporkan dia hilang 10 hari kemudian. 

Pada hari Minggu, tubuh gadis 22 tahun ditemukan di Taman Nasional Grand Teton di Wyoming. 

Otoritas memutuskan kematiannya sebagai pembunuhan tetapi tidak memberikan indikasi bagaimana dia meninggal.

Surat dakwaan yang dikeluarkan pada hari Rabu oleh Pengadilan Distrik Wyoming AS mengatakan bahwa Laundrie memperoleh lebih dari $1.000 (£730) dengan transaksi kartu debit.

"Sementara surat perintah penangkapan ini memungkinkan penegak hukum untuk menangkap Laundrie, FBI dan mitra kami di seluruh negeri terus menyelidiki fakta dan keadaan pembunuhan Petito," kata Agen Khusus FBI Michael Schneider dalam sebuah pernyataan.

Pengacara Laundrie, Steve Bertolino, mengatakan kepada Fox News bahwa itu adalah "pemahamannya bahwa surat perintah penangkapan terkait dengan kegiatan yang terjadi setelah kematian Gabby Petito dan tidak terkait dengan kematiannya yang sebenarnya". 

3 dari 3 halaman

Brian Laundrie Dilaporkan Hilang

Keluarga Laundrie melaporkan dia hilang selama akhir pekan. Mereka mengklaim dia pergi untuk mendaki dan tidak pernah kembali. Dia dianggap sebagai "orang yang berkepentingan" dalam penghilangan itu tetapi telah menolak untuk berbicara dengan penyelidik sebelum menghilang.

Pencarian Laundrie difokuskan pada cagar alam seluas 24.000 hektar di dekat rumahnya di North Port, Florida. 

Polisi menggunakan anjing, drone, dan kendaraan segala medan untuk pencarian, yang menurut petugas diperumit oleh medan yang sulit dan berawa. Awal pekan ini, penyidik ​​juga menggeledah rumah keluarga Laundrie. 

Agen terlihat mengeluarkan beberapa kotak dari rumah dan menarik Ford Mustang berwarna perak.

Masih belum jelas apa yang terjadi ketika Petito hilang. Dua minggu sebelumnya, pada 12 Agustus, polisi di kota Moab di Utah selatan dipanggil untuk kemungkinan insiden kekerasan dalam rumah tangga yang melibatkan pasangan itu.

Polisi merilis rekaman bodycam yang menunjukkan Petito menangis dan mengeluh tentang kesehatan mentalnya kepada petugas. 

Dia juga mengatakan bahwa pasangan itu lebih sering bertengkar.

Para petugas merekomendasikan mereka menghabiskan malam secara terpisah tetapi tidak mengajukan tuntutan apa pun.

Petito terakhir menelepon ibunya pada 24 Agustus untuk mengatakan dia meninggalkan Utah dan menuju ke pegunungan Teton di Wyoming, menurut Rick Stafford, pengacara keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.