Sukses

Misteri Perempuan Tanpa Nama di Kroasia Terkuak: Mantan Desainer Perhiasan

Perempuan tanpa nama dan ingatan yang ditemukan di atas batu di Kroasia berhasil diidentifikasi. Siapa dia?

Liputan6.com, Zagreb - Penyelidikan terkait penemuan seorang perempuan tanpa nama yang diselamatkan dari sebuah pulau di Kroasia menemui titik terang. Meski tanpa ingatan tentang bagaimana si perempuan sampai di sana, dari mana ia berasal.

Perempuan itu diketahui sebagai mantan perancang Slovakia yang pernah tinggal di AS dan membuat perhiasan untuk selebritas, termasuk Diana Ross.

Dilansir dari laman The Guardian, Jumat (24/9/2021), polisi Kroasia menyebut perempuan itu sebagai Daniela atau Dana Adamcova (57), menambahkan bahwa identitasnya diketahui setelah seorang teman dan kenalannya dari Kroasia dan Slovakia mengenainya dari foto yang dirilis pada hari Senin.

Situs berita 24Sata mengatakan konfirmasi identitas Adamcova juta datang dari AS, di mana ia tinggal hingga tahun 2015, dilaporkan menjual perhiasan kepada bintang Hollywood, termasuk Brigitte Bardot dan Barbra Streisand. Karyanya juga ditampilkan dalam serial Friends.

Dana Adamcova ditemukan pada 12 September di Pulau Krk, duduk di atas batu bergerigi dekat laut di bagian terpencil pulau tersebut. Polisi mengatakan ia berbicara bahasa Inggris dengan sempurna. Namun tidak memiliki ID atau telepon.

Pihak resmi mengatakan pada hari Rabu bahwa keadaannya stabil dan ia menjalani perawatan di rumah sakit di Kota Rijeka di daratan Kroasia. Layanan sosial akan mengambil alih setelah ia keluar dari perawatan rumah sakit.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laporan Kenalan dari AS

Seorang kenalan AS, Nina Smidt, mengatakan kepada Daily Beast, Adamcova telah bekerja sebentar di sebuah perusahaan yang dia kelola pada tahun 2015, setelah ditempatkan di sana oleh sebuah organisasi nirlaba yang membantu para tunawisma mencari pekerjaan.

Beberapa tahun sebelumnya, sebuah majalah kota asalnya di Slovakia, Trenčín, menggambarkannya sebagai sosok perancang perhiasan sukses yang telah menjual barang-barang ke beberapa bintang. Ia meninggalkan kampung halamannya pada tahun 1984 untuk belajar desain di AS.

Adamcova mengatakan kepada majalah itu bahwa ia telah belajar desain mode di Santa Monica, kemudian berhubungan dengan dunia hiburan melalui produser film yang sukses, ia mulai berkencan dan kemudian menikah.

Pasangan itu dilaporkan bercerai pada 2000. Adamcova kembali ke Slovakia, di mana dia tinggal sampai tahun 2008. Tidak jelas kapan dia kembali ke AS, tetapi antara tahun 2015 dan 2018 dia dilaporkan berada di Irlandia, bekerja di tempat penampungan bagi para tunawisma, sebelum kembali lagi ke Trenčín.

3 dari 3 halaman

Laporan Teman dari Slovakia

Seorang teman Slovakia yang tinggal di Zagreb juga mengenali Adamcova dari foto polisi, sementara beberapa turis Ceko ingat pernah bertemu dengannya di pantai Dalmatian Kroasia. Mereka ingat dia berasal dari Slovakia dan sedang berlibur sendirian.

Adamcova terlihat di singkapan batu bergerigi di Krk oleh seorang nelayan. Khawatir perahunya bisa kandas jika dia mencoba menyelamatkannya sendiri, nelayan itu memutuskan memberi tahu polisi. Polisi akhirnya mengirim tim penyelamat darurat dalam dua 4x4. Mereka harus meninggalkan kendaraan mereka dan berjalan lebih dari 3 km untuk mencapai tempat Adamcova berada.

Polisi menggambarkannya dehidrasi dan bingung, mengatakan ia tampak telah menghabiskan lebih dari 1 malam di daerah terpencil yang di mana ada beruang dan babi hutan. Ia sangat lemah, hingga tidak dapat minum air tanpa bantuan, dan wajahnya terluka.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.