Sukses

Dubes Inggris Owen Jenkins Pastikan Pakta AUKUS untuk Jaga Stabilitas Kawasan

Menurut Owen Jenkins, apa yang dilakukan oleh Inggris, Australia dan Amerika Serikat merupakan upaya untuk memastikan bahwa stabilitas di kawasan tetap terlindungi.

Liputan6.com, Jakarta Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins buka suara soal keributan yang terjadi beberapa waktu belakangan soal pakta AUKUS.

Menurut Jenkins, apa yang dilakukan oleh Inggris, Australia dan Amerika Serikat merupakan upaya untuk memastikan bahwa stabilitas di kawasan tetap terlindungi.

"Kita semua memastikan stabilitas dan keamanan di kawasan Pasifik dilindungi dan kerangka hukum internasional membutuhkan dedikasikan," ujar Owen Jenkins, dalam sebuah acara bersama salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta pada Rabu (22/9/2021) sore.

"London, seperti yang mungkin Anda ketahui, adalah rumah dari Organisasi Maritim Internasional. Dengan mencerminkan warisan maritim yang luar biasa."

Menurutnya, Inggris adalah negara yang sangat terlibat dan bertekad untuk memastikan AUKUS tidak berlawanan dengan komitmen internasional.

"Sangat jelas bahwa kami tidak akan mengarah pada proliferasi senjata nuklir."

"Ini bukan transfer teknologi, bukan propulsi nuklir, ini dalam kerangka Noncooperation Nuclear Nonproliferation Treaty, dan kami percaya itu akan berkontribusi pada keamanan dan stabilitas regional dan internasional."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen dan Kerja Sama

Owen Jenkins mengatakan Inggris sangat berkomitmen pada komitmen di bawah perjanjian dan Amity and Corporation, misalnya.

"Kami bangga bisa berhubungan dan berdialog serta percaya bahwa stabilitas harus tetap dilayani dengan bekerja bersama untuk mendukung hukum internasional dan itulah yang ingin kami lakukan."

"Ini adalah proses jangka panjang. Saya tahu bahwa ada banyak keributan tentang hal itu dalam beberapa minggu terakhir, tetapi ini adalah kemitraan jangka panjang."

"Saya mengacu pada kedalaman dan lamanya kemitraan yang dimiliki Inggris dan Australia. Kami adalah sekutu jangka panjang yang serupa dengan Amerika Serikat."

"Jadi ini akan menjadi sesuatu yang berkembang dari waktu ke waktu dan kami berharap dapat melakukan kerja sama dengan mitra regional dan memastikan alasannya dalam melayani perdamaian dan keamanan internasional."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.