UNGA Adalah Forum Debat Utama PBB, Sidang Majelis Umum yang Dihadiri BTS

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 21 Sep 2021, 15:48 WIB
Diperbarui 21 Sep 2021, 15:48 WIB
BTS di Sidang Umum PBB 2021. (John Angelillo/Pool via AP)
Perbesar
BTS di Sidang Umum PBB 2021. (John Angelillo/Pool via AP)

Liputan6.com, New York - United Nations General Assembly (UNGA) yang sedang berlangsung saat ini di New York, Amerika Serikat, tengah menjadi pembicaraan publik karena dihadiri boyband ternama asal Korea Selatan, BTS.

Pada Selasa (21/9/2021), merupakan hari pertama dimulainya rangkaian acara Sidang Majelis Umum PBB.

Dilansir UNA-UK, Majelis Umum PBB (UNGA) adalah salah satu badan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ini adalah satu-satunya forum PBB di mana semua anggota menerima perwakilan yang sama, dan karena itu merupakan ruang debat utama PBB.

UNGA juga bertanggung jawab atas anggaran PBB, untuk keanggotaan PBB, dan untuk memilih dan menunjuk peran penting lainnya di PBB, seperti anggota Dewan Hak Asasi Manusia, anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dan (pada prinsipnya) Sekretaris Jenderal PBB.

Tidak seperti resolusi-resolusi Dewan Keamanan, resolusi-resolusi Majelis Umum tidak mengikat negara-negara tetapi, selain mencatat pemikiran-pemikiran dunia, resolusi-resolusi tersebut dapat menjadi motivator yang hebat untuk bertindak, khususnya di dalam sistem PBB: menyusun laporan, menemukan dana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Forum Debat Umum Tahunan

BTS di Sidang Umum PBB 2021. (John Angelillo/Pool via AP)
Perbesar
BTS di Sidang Umum PBB 2021. (John Angelillo/Pool via AP)

Pertemuan Majelis Umum PBB dibagi menjadi sesi tahunan yang dimulai setiap tahun pada akhir September.

Namun, frasa UNGA sering digunakan sebagai sinekdoke untuk "debat umum tahunan" dan terkadang "pertemuan pleno tingkat tinggi" yang berlangsung dalam sesi di minggu ke-2 dan ke-3. 

Minggu kedua sering disebut sebagai “UNGA week” karena di sinilah para pemimpin dunia berpidato. 

Selain itu, pengumuman dan acara penting yang melibatkan peserta terkenal seperti CEO dan selebriti dijadwalkan berlangsung selama minggu ini. Acara tahun ini, dan penampilan, akan diadakan baik secara langsung maupun secara virtual.

Salah satu pertemuan terbesar para pemimpin dunia setiap tahun, minggu UNGA adalah bagian penting dari kalender diplomatik, memberikan banyak kesempatan untuk negosiasi dan diskusi di koridor markas besar PBB. 

Tema tahun ini “Membangun ketahanan melalui harapan – untuk pulih dari COVID-19, membangun kembali secara berkelanjutan, menanggapi kebutuhan planet ini, menghormati hak-hak orang dan merevitalisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa” dipilih oleh Presiden Majelis Umum yang baru, Abdulla Shahid dari Maladewa. 

Temanya sering kali luas untuk menghindari pembatasan pidato para pemimpin.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Diadakan secara Hybrid

Sidang darurat Majelis Umum PBB di New York (21/12/2017).
Perbesar
Sidang darurat Majelis Umum PBB di New York (21/12/2017). (AP Photo/Mark Lennihan)

Setelah COVID-19 membuat UNGA pada tahun 2020 menjadi virtual untuk pertama kalinya dalam 75 tahun, UNGA ke-76 berharap untuk menyambut sekitar 100 kepala negara dan pemerintahan, dan menteri luar negeri ke New York. 

Namun, karena dunia terus bergulat dengan Covid-19 dan ancaman varian baru, acara tidak sepenuhnya berlangsung seperti biasanya.

Sementara Markas Besar PBB sebagian besar tetap ditutup selama setahun terakhir, penyelenggara telah bekerja untuk bernegosiasi dan mengembangkan pedoman kesehatan yang akan memungkinkan Majelis Umum secara langsung yang aman. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Kiprah Indonesia di DK PBB

Infografis Kiprah RI di DK PBB
Perbesar
Infografis Kiprah RI di DK PBB (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya