Sukses

Kronologi Kasus Gabby Petito, Keliling Amerika Bersama Kekasih Berujung Tewas

Gabby Petito pergi keliling Amerika bersama kekasihnya, kemudian mendadak hilang dan ditemukan tak bernyawa.

Liputan6.com, Long Island - Gabby Petito (22) dinyatakan menghilang usai travel keliling Amerika Serikat (AS) pada awal Juli 2021. Ia berangkat bersama kekasihnya, Brian Laundrie (23). 

Kasus misterius ini menyita publik AS karena Brian Laundrie pulang sendirian ke rumah keluarganya di Florida, sementara Gabby menghilang. 

Brian dan Gabby merupakan kekasih sejak lama, mereka pun disebut sudah bertunangan meski usianya masih muda. 

Ketika dalam perjalanan, Gabby juga masih sempat meng-update lokasi berkemahnya di sejumlah negara bagian, sebelum akhirnya dinyatakan menghilang. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Keliling AS

Gabby Petito dan Brian Laundrie mulai travel pada 2 Juli 2021. Mereka berangkat dari Long Island di New York untuk keliling daerah barat AS. 

New York Post menyebut pasangan itu sempat transit di Kansas, kemudian berlanjut ke Utah, Colorado, hingga Wyoming. 

Pasangan itu memiliki akun di aplikasi The Dyrt yang melacak lokasi perkemahan mereka. Gabby juga sempat menulis-nulis review tempat yang ia kunjungi sebelum menghilang. 

Salah satu update terakhir Gabby adalah ia pergi ke Teton County. Di lokasi itu, ada Taman Nasional Grand Teton.

3 dari 7 halaman

Ribut di Perjalanan

Berbagai media AS juga mengabarkan bahwa Gabby dan Brian ternyata bertengkar di perjalanan. Lokasi pertengkaran mereka berada di Utah pada 12 Agustus 2021.

Saksi mata sempat menelepon 911 dan polisi sebetulnya sudah turun tangan. Keduanya sempat dipisahkan, tetapi polisi tidak berbuat banyak. 

Berdasarkan laporan polisi di Moab, Utah, pertengkaran fisik sempat terjadi. Gabby disebut menampar, sementara Brian mendorong. Akan tetapi, polisi berkata Gabby mengaku mengalami masalah kesehatan mental. 

Polisi lantas memisahkan kedua pasangan itu agar keduanya bisa berpikiran tenang. Brian diantarkan ke hotel, sementara Gabby tetap berada di van yang pasangan itu gunakan untuk travel. 

Sekitar seminggu kemudian, Gabby mulai menghilang. 

4 dari 7 halaman

Pesan dari California

Ibunda Gabby, yakni Nichole Schmidt, mengaku sudah khawatir karena selama berhari-hari putrinya tidak mengirimkan kabar. 

Akhirnya, tiba pesan dari Gabby pada 30 Agustus 2021. Pesan itu berbunyi Gabby sedang tak dapat sinyal di Taman Nasional Yosemite, California. 

"Tidak ada sinyal di Yosemite," demikian pesan tersebut. 

Namun, Nichole mendapatkan firasat bahwa pesan itu bukan berasal dari Gabby. Ia tidak percaya bahwa putrinya sendiri yang menulis pesan itu.

5 dari 7 halaman

Pulang Tanpa Gabby

Pada 1 September, sehari setelah ibunda Gabby mendapatkan pesan berada di California, tunangan Gabby pulang ke Florida. Ia pulang tanpa Gabby. 

Keluarga Gabby di New York lantas lapor ke polisi. 

Tak lama kemudian, Brian justru menghilang. Anggota keluarga Brian mengaku tidak tahu ke mana pemuda itu pergi. 

New York Post melaporkan para pengunjuk rasa sempat berdemo di rumah keluarga Brian di Florida dan menuntut agar lokasi Gabby diungkap.

 
6 dari 7 halaman

Akhir Perjalanan Gabby

Pada Minggu 19 September, pihak berwajib menemukan tubuh yang sesuai deskripsi Gabby Petito. 

Tubuh Gabby ditemukan di Taman Nasional Grand Teton di Wyoming. Jarak dari Wyoming dan Florida kira-kira seperti jarak Aceh dan Bali. 

Pihak keluarga meminta privasi di situasi yang penuh duka ini. Sementara, Brian masih menghilang dan dicari-cari polisi.

7 dari 7 halaman

Infografis Titik Lengah Makan Bersama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.