Sukses

Protes Anti Mandat Vaksin Berujung Ricuh, Sejumlah Situs Konstruksi di Melbourne Ditutup

Pihak berwenang terpaksa menutup sejumlah situs konstruksi di Melbourne.

Liputan6.com, Melbourne - Negara bagian Victoria Australia telah menutup lokasi konstruksi di Melbourne menyusul protes keras terhadap vaksin wajib Covid-19.

Dilansir BBC, Selasa (21/9/2021), protes itu menentang persyaratan bagi staf untuk membuktikan bahwa mereka telah menerima dosis vaksin untuk mengakses tempat kerja mereka.

Para pejabat mengatakan beberapa situs akan ditutup hingga dua minggu setelah pekerja konstruksi dan pengunjuk rasa lainnya bentrok karena tindakan virus corona.

Akibat kejadian itu, properti rusak dan polisi mengatakan beberapa orang ditangkap.

Polisi anti huru hara dikerahkan dan dilaporkan menggunakan peluru karet dan semprotan merica untuk membubarkan massa. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para Pekerja Protes

Protes itu datang menyusul pengumuman bahwa mulai Kamis 23 September pekerja konstruksi akan diminta untuk menunjukkan bukti bahwa mereka telah memiliki setidaknya satu dosis vaksin untuk terus bekerja, lapor media lokal.

Cabang Victoria dari Pertambangan dan Energi Pertambangan Kehutanan Australia (CFMEU) dirusak, dengan kaca di bagian depan gedung pecah selama bentrokan hari Senin.

CFMEU mengutuk "sekeras mungkin" serangan terhadap kantornya di Melbourne, di mana para anggotanya muncul untuk mendukung mandat pemerintah, dengan mengatakan bahwa kekerasan terjadi setelah protes itu "disusupi" oleh kelompok-kelompok sayap kanan.

Beberapa anggotanya terluka selama bentrokan, kata serikat pekerja dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa botol-botol dilemparkan ke arah para pejabat. 

Dalam sebuah posting Facebook, Master Builders Association of Victoria mengatakan semua situs industri bangunan dan konstruksi di metropolitan Melbourne, Geelong, Surf Coast, Ballarat, dan Mitchell Shire harus ditutup mulai Senin tengah malam. Dikatakan ini dilakukan sebagai tanggapan atas kombinasi peningkatan transmisi COVID-19 di industri bangunan dan "kerusuhan" di Melbourne.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini