Sukses

Top 3: Ledakan di Afghanistan Jadi Sorotan, Diduga Pelaku ISIS-K

Top 3 global: ledakan di Jalal-Abad dan Kabul, izin turis asing masuk RI, hingga taring semut.

Liputan6.com, Kabul - Serangan bom masih terjadi di Afghanistan. Setelah sebelumnya terjadi ledakan di bandara Hamid Karzai, muncul dua ledakan lagi di Kabul dan Jalalabad. 

Dua ledakan itu diduga merupakan tindakan ISIS-K, yakni cabang ISIS di Khurasan. Ledakan di bandara juga dilakukan oleh kelompok itu. 

Pakar Timur Tengah menyebut gerakan ISIS-K itu bergerak secara underground. Kelompok itu juga tidak akrab dengan Taliban. 

Artikel terkait Afghanistan menjadi berita sorotan di Liputan6.com, Senin (20/9/2021). Berita-berita populer lain adalah terkait izin masuk WNI, serta artikel sains mengenai tajamnya gigi semut. 

Berikut daftar artikelnya:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ledakan di Afghanistan

Setidaknya tujuh orang tewas dan sekitar 30 lainnya terluka dalam serangkaian ledakan di kota Jalalabad, Afghanistan timur dan ibukota negara itu, Kabul, sumber-sumber Taliban mengatakan kepada Al Jazeera.

Korban terjadi ketika bom rakitan meledak pada Sabtu 18 September 2021 waktu setempat, kata sumber itu, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (19/9).

"Ledakan di Jalalabad dan di Kabul tampaknya merupakan karya sisa-sisa ISIS-K," kata sumber Taliban, merujuk pada negara Islam di provinsi Khorasan kelompok bersenjata, juga dikenal sebagai ISIS-KP (ISIS-K). 

 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. RI Buka Pintu Bagi Wisatawan Asing

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengeluarkan peraturan menteri yang membuka kembali pengajuan visa wisatawan dan tinggal terbatas, untuk para pelancong yang telah divaksin lengkap. Sesuai dengan aturan tersebut, Indonesia akhirnya membuka beberapa kawasan perbatasannya untuk wisatawan asing. 

"Sebelumnya, hanya warga asing dengan visa diplomatik dan dinas yang diizinkan masuk ke wilayah Indonesia. Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) No. 34/2021, mereka yang memiliki visa wisatawan dan tinggal terbatas yang valid juga diperbolehkan untuk memasuki wilayah Indonesia," ujar juru bicara Direktorat Jenderal Imigrasi Arya Pradhana Anggakara dalam sebuah pernyataan pada Kamis 16 September 2021.

4 dari 4 halaman

3. Gigi Semut

Ternyata semut memiliki gigi yang tajam. Meskipun gigi penghancur semut kurang dari lebar rambut manusia, tetapi memiliki kemampuan memotong yang luar biasa.

Dilansir dari Popular Science, Minggu (19/9), para peneliti menerbitkan karya mereka di jurnal Scientific, dengan menerapkan teknik dan teknologi dari ilmu material ke bagian biologi. Mereka benar-benar dapat mendekonstruksi gigi semut.

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.