Sukses

Petinju Manny Pacquiao Jadi Kandidat Presiden dalam Pemilu Filipina 2022

Bintang tinju Filipina Manny Pacquiao mengatakan dia akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun depan.

Liputan6.com, Manila - Bintang tinju Filipina Manny Pacquiao mengatakan dia akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun depan.

Dia dicalonkan sebagai kandidat oleh faksi partai yang berkuasa, PDP-Laban, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (19/9/2021).

Di atas karier yang berkilauan sebagai pejuang, Manny Pacquiao, 42, adalah seorang senator di parlemen Filipina.

Petahana Rodrigo Duterte dilarang dari masa jabatan lain tetapi telah dipilih oleh faksi partai saingan untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden, sebuah langkah yang menurut para kritikus adalah upaya untuk berpegang teguh pada kekuasaan.

Dia dipilih untuk mencalonkan diri bersama sekutu dekat, Christopher "Bong" Go, tetapi Go mengatakan dia tidak ingin menggantikan sang petahana presiden Filipina.

Sementara partainya mengatakan ingin Go mempertimbangkan kembali keputusannya, penolakannya terhadap nominasi telah menyebabkan saran bahwa putri Presiden Duterte Sara Duterte-Carpio dapat bergabung dengannya dalam kandidasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Tentang Pacquiao

Sebagai petinju, Pacquiao memenangkan gelar dunia dalam delapan divisi berat yang berbeda yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia kalah dalam pertarungan terakhirnya melawan lawan Kuba dan mengatakan dia sedang mempertimbangkan untuk pensiun.

Menerima nominasi, dia berkata: "Saya seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring."

Pacquiao telah berjanji untuk berkampanye melawan kemiskinan dan korupsi.

Dia adalah tokoh populer di negara asalnya tetapi menghadapi perjuangan berat, tertinggal dalam jajak pendapat yang secara konsisten diatapi oleh Sara Duterte-Carpio.

Tidak jelas fraksi mana yang akan diakui oleh komisi pemilihan umum untuk pemilu 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.