Petinju Manny Pacquiao Jadi Kandidat Presiden dalam Pemilu Filipina 2022

Oleh Hariz Barak pada 19 Sep 2021, 20:02 WIB
Diperbarui 19 Sep 2021, 20:08 WIB
Manny Pacquiao dan Lucas Matthysse
Perbesar
Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao bersiap mengikuti sesi latihan di sebuah gym di Kuala Lumpur, Malaysia (11/7). Manny Pacquiao akan bertanding pada kelas welter melawan petinju Argentina Lucas Matthysse. (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Liputan6.com, Manila - Bintang tinju Filipina Manny Pacquiao mengatakan dia akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun depan.

Dia dicalonkan sebagai kandidat oleh faksi partai yang berkuasa, PDP-Laban, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (19/9/2021).

Di atas karier yang berkilauan sebagai pejuang, Manny Pacquiao, 42, adalah seorang senator di parlemen Filipina.

Petahana Rodrigo Duterte dilarang dari masa jabatan lain tetapi telah dipilih oleh faksi partai saingan untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden, sebuah langkah yang menurut para kritikus adalah upaya untuk berpegang teguh pada kekuasaan.

Dia dipilih untuk mencalonkan diri bersama sekutu dekat, Christopher "Bong" Go, tetapi Go mengatakan dia tidak ingin menggantikan sang petahana presiden Filipina.

Sementara partainya mengatakan ingin Go mempertimbangkan kembali keputusannya, penolakannya terhadap nominasi telah menyebabkan saran bahwa putri Presiden Duterte Sara Duterte-Carpio dapat bergabung dengannya dalam kandidasi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sekilas Tentang Pacquiao

Manny Pacquiao Berhasil Taklukkan Adrien Broner
Perbesar
Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao merayakan kemenangannya melawan Adrien Broner dalam pertandingan tinju kelas welter WBA di Las Vegas (19/1). Pacquiao menang lewat kemenangan angka mutlak, 117-111, 116-112, dan 116-112. (AP Photo/John Locher)

Sebagai petinju, Pacquiao memenangkan gelar dunia dalam delapan divisi berat yang berbeda yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia kalah dalam pertarungan terakhirnya melawan lawan Kuba dan mengatakan dia sedang mempertimbangkan untuk pensiun.

Menerima nominasi, dia berkata: "Saya seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring."

Pacquiao telah berjanji untuk berkampanye melawan kemiskinan dan korupsi.

Dia adalah tokoh populer di negara asalnya tetapi menghadapi perjuangan berat, tertinggal dalam jajak pendapat yang secara konsisten diatapi oleh Sara Duterte-Carpio.

Tidak jelas fraksi mana yang akan diakui oleh komisi pemilihan umum untuk pemilu 2022.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya