Sukses

Korea Utara Disebut Perluas Fasilitas Nuklir Yongbyon, Bikin Bom Baru?

Korea Utara memperluas pabrik pengayaan uranium di kompleks nuklir Yongbyon utamanya, sebuah tanda bahwa mereka mungkin bermaksud meningkatkan produksi bahan bom.

Liputan6.com, Pyongyang - Gambar satelit baru-baru ini menunjukkan Korea Utara memperluas pabrik pengayaan uranium di kompleks nuklir Yongbyon utamanya, sebuah tanda bahwa mereka mungkin bermaksud meningkatkan produksi bahan bom, kata para ahli.

Dilansir Aljazeera (19/9/2021), sebuah laporan dari Middlebury Institute of International Studies di Monterey mengatakan foto-foto yang diambil oleh perusahaan citra satelit Maxar menunjukkan konstruksi di daerah yang bersebelahan dengan pabrik pengayaan uranium di Yongbyon.

"Perluasan pabrik pengayaan mungkin menunjukkan bahwa Korea Utara berencana untuk meningkatkan produksi uranium kelas senjata di situs Yongbyon sebanyak 25 persen," kata Jeffrey Lewis dan dua ahli lainnya di institut tersebut dalam laporan mereka.

Korea Utara baru-baru ini mengumumkan uji coba rudal balistik pertamanya dalam enam bulan dengan negosiasi nuklir dengan Amerika Serikat terhenti sejak 2019.

Laporan Middlebury mengatakan gambar satelit yang diambil pada 1 September menunjukkan Korea Utara membersihkan pohon dan menyiapkan tanah untuk konstruksi, dan bahwa ekskavator konstruksi juga terlihat.

Laporan itu mengatakan gambar kedua yang diambil dua minggu kemudian menunjukkan dinding telah dibangun untuk melampirkan area tersebut, dan panel dikeluarkan dari sisi bangunan pengayaan untuk menyediakan akses ke area yang baru tertutup.

Area baru ini sekitar 1.000 meter persegi (10.760 kaki persegi), ruang yang cukup untuk menampung 1.000 sentrifugal tambahan, yang akan meningkatkan kapasitas pabrik untuk menghasilkan uranium yang sangat diperkaya sebesar 25 persen, kata laporan itu.

Senjata nuklir dapat dibangun menggunakan uranium atau plutonium yang diperkaya (enriched uranium / plutonium), dan Korea Utara memiliki fasilitas untuk memproduksi keduanya di Yongbyon.

Bulan lalu, foto-foto satelit sebelumnya yongbyon menunjukkan tanda-tanda bahwa Korea Utara melanjutkan operasi fasilitas lain untuk memproduksi plutonium kelas senjata.

Korea Utara menyebut faslilitas nuklir Yongbyon sebagai "jantung" dari program nuklirnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Program Nuklir Korea Utara

Selama pertemuan puncak dengan Presiden Donald Trump pada awal 2019, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menawarkan untuk membongkar seluruh kompleks jika dia diberi jalan keluar dari sanksi ekonomi besar yang mereka terima. Proposal itu ditolak.

Beberapa ahli AS dan Korea Selatan percaya Korea Utara diam-diam menjalankan setidaknya satu pabrik pengayaan uranium tambahan. Pada 2018, seorang pejabat tinggi Korea Selatan mengatakan kepada parlemen bahwa Korea Utara diperkirakan telah memproduksi sebanyak 60 senjata nuklir juga.

Perkiraan berapa banyak senjata nuklir yang dapat ditambahkan Korea Utara setiap tahun bervariasi, mulai dari enam hingga sebanyak 18.

Selain uji coba rudal balistik, Korea Utara juga mengatakan pihaknya meluncurkan rudal jelajah ke laut dalam uji coba yang dipandang sebagai upaya untuk memperkuat kemampuan serangannya terhadap Korea Selatan dan Jepang, di mana AS memiliki sekitar 80.000 tentara.

Para ahli mengatakan rudal jarak jauh, yang digambarkan Pyongyang sebagai"strategis",dapat dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir.

Presiden Joe Biden menyelesaikan tinjauan berbulan-bulan terhadap kebijakan AS tentang Korea Utara pada bulan Mei, dengan mengatakan akan terus mencari denuklirisasi di Semenanjung Korea tetapi tidak akan mengejar"tawar-menawar besar"dengan Pyongyang.

Korea Utara menuduh AS melanjutkan "permusuhan" yang mengancam akan memperluas persenjataan nuklirnya dan mengembangkan persenjataan yang lebih canggih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.