Sukses

Kru Astronaut Amatir Pertama di Dunia Inspiration4 SpaceX Kembali ke Bumi

Inspiration4 adalah tim astronaut sipil amatir pertama yang mencapai prestasi ini, didukung oleh SpaceX.

Liputan6.com, Florida - Empat wisatawan ruang angkasa telah berhasil mendarat di Samudra Atlantik setelah tiga hari mengorbit Bumi.

Mereka adalah tim astronaut amatir pertama yang mencapai prestasi ini.

Kru Inspiration4 berangkat dengan kapsul SpaceX dari Florida pada hari Rabu, dan mendarat di lepas pantai negara bagian setelah pukul 19:00 waktu setempat (23:00 GMT) pada hari Sabtu 18 September 2021.

Empat parasut memperlambat penurunan kapsul sebelum mendarat di air, di mana kapal SpaceX melaju untuk mengambilnya.

Tim Inspiration4 dipimpin oleh miliarder Jared Isaacman, kepala eksekutif perusahaan e-commerce Shift4 Payments Inc, yang bertindak sebagai "komandan" misi.

Dia telah membayar jumlah yang tidak diungkapkan – diperkirakan oleh majalah Time sekitar $ 200 juta (£ 145 juta) – kepada sesama miliarder Elon Musk untuk keempat kursi di atas Crew Dragon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tonggak Perjalanan Antariksa bagi Warga Sipil

Isaacman bergabung dengan tiga orang asing yang dia pilih - geoscientist dan mantan kandidat astronot NASA Sian Proctor, 51; Asisten dokter dan penyintas kanker tulang masa kanak-kanak Hayley Arceneaux, 29; dan insinyur data kedirgantaraan dan veteran Angkatan Udara Chris Sembroski, 42.

"Itu adalah perjalanan bagi kami," Isaacman mengatakan via radio tak lama setelah pendaratan di air. "Kami baru saja memulai."

Sistem komputer onboard mengendalikan kapsul Dragon mereka, diawasi oleh tim SpaceX di lapangan.

Dragon tidak dijadwalkan untuk pergi dekat Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), melainkan memulai "penerbangan gratis" ke ketinggian target 575km (360 mil).

Perjalanan yang sukses menandai ketiga kalinya perusahaan Elon Musk membawa manusia ke luar angkasa dan kembali – dan tonggak sejarah lain di pasar pariwisata luar angkasa.

Awal musim panas ini, pengusaha miliarder Sir Richard Branson dan Jeff Bezos juga melampaui atmosfer Bumi dengan kendaraan ruang angkasa mereka sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.