Sukses

AS Akui Bunuh 10 Warga Sipil dalam Serangan Drone di Kabul Afghanistan

AS telah mengakui bahwa serangan pesawat tak berawak di Kabul beberapa hari sebelum penarikan militernya menewaskan 10 orang warga sipil tak bersalah.

Liputan6.com, D.C - Amerika Serikat telah mengakui bahwa serangan pesawat tak berawak di Kabul beberapa hari sebelum penarikan militernya menewaskan 10 orang warga sipil tak bersalah.

Investigasi Komando Pusat AS menemukan bahwa seorang pekerja bantuan dan sembilan anggota keluarganya, termasuk tujuh anak-anak, tewas dalam serangan 29 Agustus 2021, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (18/9/2021).

Serangan mematikan itu terjadi beberapa hari setelah serangan teror di bandara Kabul, di tengah upaya evakuasi yang hiruk pikuk menyusul kembalinya Taliban yang tiba-tiba berkuasa.

Itu adalah salah satu tindakan terakhir militer AS di Afghanistan, sebelum mengakhiri operasi 20 tahun di negara itu.

Intelijen AS telah melacak mobil pekerja bantuan selama delapan jam, percaya itu terkait dengan militan ISIS-K - cabang lokal dari kelompok Negara Islam (IS), kata Komando Pusat AS Jenderal Kenneth McKenzie.

Penyelidikan menemukan mobil pria itu telah terlihat di sebuah kompleks yang terkait dengan ISIS-K, dan gerakannya selaras dengan intelijen lain tentang rencana kelompok teror untuk serangan di bandara Kabul.

Pada satu titik, sebuah drone pengintai melihat orang-orang memuat apa yang tampak sebagai bahan peledak ke dalam bagasi mobil, tetapi ternyata itu adalah wadah air.

Jenderal McKenzie menggambarkan serangan itu sebagai "kesalahan tragis", dan menambahkan bahwa Taliban tidak terlibat dalam intelijen yang menyebabkan serangan itu.

Serangan terjadi ketika pekerja bantuan - bernama Zamairi Akmadhi - masuk ke jalan masuk rumahnya, 3 km (1,8 mil) dari bandara.

Ledakan itu memicu ledakan sekunder, yang awalnya dikatakan para pejabat AS adalah bukti bahwa mobil itu memang membawa bahan peledak. Namun penyelidikan telah menemukan itu kemungkinan besar disebabkan oleh tangki propana di jalan masuk.

Kerabat para korban mengatakan kepada BBC sehari setelah serangan bahwa mereka telah mengajukan permohonan untuk dievakuasi ke AS, dan telah menunggu panggilan telepon yang menyuruh mereka pergi ke bandara.

Salah satu dari mereka yang tewas, Ahmad Naser, telah menjadi penerjemah dengan pasukan AS. Korban lain sebelumnya bekerja untuk organisasi internasional dan memegang visa yang memungkinkan mereka masuk ke AS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Hengkangnya AS dari Afghanistan

Ketika AS mulai menarik pasukannya dari Afghanistan, Taliban berhasil menguasai negara itu dalam waktu sekitar dua minggu dalam serangan kilat-cepat.

Presiden Ashraf Ghani melarikan diri ke Uni Emirat Arab, dan ibukota Afghanistan, Kabul, jatuh pada 15 Agustus.

Ini memicu upaya evakuasi massal dari AS dan sekutunya, ketika ribuan orang mencoba melarikan diri. Banyak dari mereka adalah warga negara asing atau warga Afghanistan yang telah bekerja untuk pemerintah asing.

Ada adegan panik dan kekacauan di bandara Kabul, dan beberapa orang jatuh ke kematian mereka setelah mencoba untuk berpegang teguh pada sisi pesawat militer AS saat mereka lepas landas.

Situasi keamanan semakin meningkat setelah seorang pembom bunuh diri menewaskan hingga 170 warga sipil dan 13 tentara AS di luar bandara pada 26 Agustus. ISIS-K mengatakan telah melakukan serangan itu.

Banyak dari mereka yang tewas telah berharap untuk naik salah satu penerbangan evakuasi meninggalkan kota.

Tentara AS terakhir meninggalkan Afghanistan pada 31 Agustus - batas waktu yang ditetapkan Presiden Joe Biden untuk penarikan AS.

Lebih dari 124.000 orang asing dan Afghanistan diterbangkan ke luar negeri sebelum batas waktu. Tetapi beberapa orang tidak dapat keluar tepat waktu, dan upaya evakuasi sedang berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.