Sukses

Bola Golf Memiliki Ratusan Lekukan di Permukaannya, Mengapa?

Ratusan lekukan pada permukaan bola golf memiliki tujuan. Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bola golf memiliki ratusan lekukan pada permukaannya. Hal ini bukan hanya untuk sebuah tampilan saja, tetapi lekukan pada permukaan benda itu memiliki tujuan.

Dilansir dari laman Mental Floss, Minggu (19/9/21), ternyata ratusan lekukan pada permukaan bola golf memfasilitasi pengoptimalan aerodinamis, atau kemampuan bola untuk menempuh jarak yang lebih jauh dengan memengaruhi gaya angkat dan tarik suatu benda di udara.

Menurut Scientific American, bola yang memiliki ratusan lekukan pada permukaannya akan bergerak dua kali lebih jauh dari pada bola yang mulus.

Ratusan lekukan pada permukaan bola menghasilkan batas udara di sekitar bola, mengurangi aliran udara dan hambatan. Hal itu juga bertindak sebagai turbulator, menginduksi turbulensi di lapisan sekitar bola, itulah mengapa bola yang memiliki ratusan lekukan pada permukaannya bergerak dua kali lebih cepat.

Desainnya juga berkontribusi pada daya angkat objek, dengan kira-kira setengah dari daya angkat merupakan hasil putaran bola dan setengah lainnya merupakan hasil optimalisasi gaya angkat dari ratusan lekukan. Hasil keseluruhannya adalah udara mengalir lebih lancar di sekitar bola, dengan udara di depannya bergerak lebih cepat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ratusan Lekukan pada Bola Golf

Lekukan pada bola golf pada dasarnya memicu aerodynamic sandwich yang sempurna, dengan tekanan yang lebih tinggi di belakangnya sehingga mampu mendorong bola ke depan dan tekanan yang berkurang di depannya memungkinkan udara bergerak lebih cepat.

Kedalamanan lekukan juga bisa membuat perbedaan besar. Tipikal bola golf memiliki 300 hingga 500 lekukan, dengan kedalaman rata-rata 0,010 inci.

Sebagian besar lekukan bola golf berbentuk bulat, meskipun beberapa perusahaan telah mengadopsi bentuk segi enam untuk mengurangi hambatan yang lebih jauh. Tetapi, bola golf tidak selalu mempunyai lekukan.

Pemain amatir pada awalnya menggunakan bola halus, tetapi semakin banyak bola tergores dan rusak, disadari justru semakin jauh bola bergerak.

Dalam kasus bola golf, bentuk pasti mengikuti fungsi.

 

Penulis : Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Banner Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.