Sukses

Pakistan Serukan Dunia agar Bersedia Terlibat dengan Pemerintahan Taliban di Afghanistan

Pakistan menyerukan agar dunia segera mau terlibat dengan pemerintahan Taliban.

Liputan6.com, Islamabad - Penasihat keamanan nasional Pakistan telah meminta dunia untuk "terlibat" dengan pemerintah sementara Taliban di Afghanistan atau mengambil risiko kembalinya ketidakstabilan yang menjadi ciri era terakhir kelompok itu berkuasa tiga dekade lalu.

Dalam pidatonya kepada media asing di ibu kota Pakistan, Islamabad, Moeed Yusuf mendesak masyarakat internasional untuk tidak mengulangi kesalahan masa lalu. Demikian seperti melansir Al Jazeera, Kamis (16/9/2021). 

“Kami berusaha memastikan bahwa dunia memahami pentingnya tidak membuat kesalahan masa lalu lagi,” katanya.

“Bagi kami, sangat penting untuk mencari perdamaian dan stabilitas di Afghanistan. Itulah yang menjadi fokus kami.”

Komentar Yusuf muncul saat dunia memperdebatkan apakah dan dalam kondisi apa untuk mengakui pemerintahan baru di Kabul yang didominasi oleh Taliban, yang menyapu Afghanistan dalam serangan bulan lalu. Kelompok itu menguasai ibu kota, Kabul, pada 15 Agustus ketika mantan Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dari negara itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan Pakistan - Afghanistan

Pakistan, tetangga tenggara Afghanistan, telah berulang kali menyerukan kekuatan dunia untuk terlibat dengan pemerintah baru dan untuk segera memberikan bantuan kemanusiaan dan lainnya untuk mencegah keruntuhan ekonomi yang akan segera terjadi.

Pada hari Senin, beberapa negara menjanjikan lebih dari $1,1 miliar dalam bentuk bantuan pangan pada konferensi PBB untuk mengatasi masalah kemiskinan dan kelaparan di Afghanistan. Namun, sekitar $10 miliar dalam cadangan bank sentral Afghanistan, tetap dibekukan di bank-bank di luar negeri, terutama dengan Federal Reserve AS.

Yusuf menyerukan kekuatan dunia untuk terlibat dengan Taliban daripada membekukan hubungan dengan pemerintah yang dipimpin oleh kelompok bersenjata, yang mengobarkan pertempuran berdarah selama 20 tahun melawan pasukan pendudukan AS dan NATO yang menewaskan puluhan ribu warga sipil Afghanistan dan pasukan keamanan.

“Dengan terlibat, Anda pada dasarnya mengatakan kami secara konstruktif akan mencoba dan melihat bagaimana membantu Afghanistan demi rakyat Afghanistan rata-rata,” kata Yusuf.

Ditanya apakah ada masalah hak asasi manusia di bawah pemerintahan Taliban, penasihat keamanan nasional Pakistan mengatakan kekuatan internasional hanya bisa memanfaatkan isu-isu itu jika terlibat dengan negara itu.

3 dari 3 halaman

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.