Sukses

Dapat Tiket Gratis di Met Gala, Anggota DPR AS Diduga Langgar Etik

Anggota DPR AS Alexandria Ocasio-Cortez (AOC) menghadiri Met Gala 2021. Acara itu memiliki harga tiket yang fantastis.

Liputan6.com, New York City - Anggota DPR Amerika Serikat, Alexandria Ocasio-Cortez (AOC), diduga melanggar etik setelah menghadiri acara Met Gala 2021 di New York City, Senin (13/6). Pasalnya, AOC disebut mendapat tiket gratis di acara elit itu. 

Met Gala adalah acara tahunan di Metropolitan Museum of New York. Acara amal itu dirancang oleh majalah fashion Vogue. Semua tamu harus disetujui Anna Wintour yang merupakan pemimpin redaksi majalah itu. 

Vogue berkata Met Gala adalah seperti acara Piala Oscar bagi dunia fashion. Para selebriti terkenal selalu hadir dengan memakai kostum sesuai tema tahunan Met Gala.

Harga tiket masuk Met Gala bisa mencapai US$ 35 ribu atau hampir setengah miliar rupiah. Sementara, untuk harga tiket makan malam bisa mencapai ratusan ribu dolar. 

AOC hadir di acara itu mengenakan gaun putih bertuliskan "Tax the Rich." Kehadirannya diduga melanggar etik oleh American Accountability Foundation (AAF). 

Dilaporkan New York Post, Kamis (16/9/2021), aturan DPR sebetulnya mengizinkan anggota mendapatkan tiket gratis acara amal, tetapi pendiri AAF Thomas Jones berkata Met Gala tidak termasuk, sebab digelar oleh Conde Nast (rumah penerbitan Vogue) yang merupakan perusahaan for-profit.

"DPR telah lama memiliki aturan hadiah yang mengatur tindakan Anggota untuk mencegah Anggota menerima hadiah yang berasal dari posisi mereka yang dipercayakan publik," tulis Jones dalam suratnya kepada Kantor Etik Kongres.

Jones juga menyebut argumen Met Gala sebagai acara amal tak bisa digunakan, sebab berdasarkan aturan acara itu harusnya yang "terbuka bagi publik", sementara pemilihan tamu di acara Met Gala bersifat eksklusif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengaku Sedang Tugas

AOC berkata sedang menjalankan tugasnya sebagai perwakilan dari New York. Ia juga berkata para pejabat pemerintah di New York sering datang ke acara elit seperti Met Gala.

"Pejabat-pejabat yang terpilih di New York secara rutin diundang dan menghadiri Met karena tanggung jawab-tanggung jawab untuk memantau dan mendukung institusi-institusi budaya di kota ini untuk publik. Saya adalah salah satu dari beberapa yang hadir sore ini," ujar AOC.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Vogue (@voguemagazine)

Kehadiran AOC juga memicu kontroversi di media sosial, pasalnya ia sering berkampanye dengan membela kelas menengah, tetapi hadir di Met Gala yang harga tiketnya bisa mencapai puluhan ribu dolar yang setara dengan gaji setahun warga AS. 

Gaun "Tax the Rich" yang dikenakan AOC adalah karya desainer Aurora James. 

Met Gala tahun bertajuk “In America: A Lexicon of Fashion” dan para hadirin diminta mengenakan pakaian dengan tema American Independence. 

Selain AOC, para tamu lain yang hadir adalah seleb seperti Kendall Jenner, Kim Kardashian, Billie Eilish, Timothée Chalamet, Carey Mulligan, Emily Blunt, Cara Delevingne, atlet muda Simon Biles, Rose dari Blackpink, hingga aktor Game of Thrones Kim Harrington.

Tahun lalu, Met Gala tak digelar karena pandemi COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini