Sukses

Gubernur Gavin Newsom Menang di Referendum California

Gubernur Gavin Newsom menang di referendum terkait jabatanyna (recall election). Ia bisa lanjut berkuasa.

Liputan6.com, Sacramento - Media-media Amerika Serikat melaporkan Gubernur California Gavin Newsom dari Partai Demokrat menang di recall election yang merupakan referendum terhadap jabatannya. Pesaing utama dari Gubernur Newsom juga mengaku kalah. 

Gubernur Newsom berkata kemenangannya menandankan bahwa California menolak sinisme dan bigotri.

"California memilih TIDAK pada recall dan YA kepada... Sains, Hak Perempuan, Hak Imigran, upah minimum, lingkungan, masa depan kita," ujar Gubernur Newsom via Twitter, dikutip Kamis (16/9/2021).

"Terima kasih, California," ia menambahkan.

Tak lupa, Gubernur Newsom menyerang pendukung Donald Trump dalam pidato kemenangannya. Ia mengkritik bahwa Trumpisme masih harus dikalahkan.

Proyeksi CNN menunjukkan bahwa Newsom meraih 63 persen suara. Pesaingnya, Larry Elder dari Partai Republik, juga telah mengakui kekalahan di referendum ini, meski ia berpesan agar pendukungnya tidak menyerah di masa yang akan datang.

"Marilah bersifat anggun dalam kekalahan," ujar Elder. "Kita mungkin kalah di pertempuran ini, tetapi kita akan memenangkan perangnya."

Kemenangan ini pun menjadi fondasi agar ia bisa kembali maju pada pilgub California 2024, mengingat Newsom meraih lebih dari US$ 71 juta donasi kampanye di referendum ini, dan sisanya bisa menjadi modal untuk pilgub.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gedung Putih Sempat Turun Tangan

Seluruh tokoh kunci Partai Demokrat di Gedung Putih dan Capitol Hill sempat turun tangan untuk membantu Newsom. 

Presiden Joe Biden sudah terbang di California untuk berkampanye pada Senin kemarin. Sebelumnya, Waki Presiden Kamala Harris yang merupakan mantan jaksa agung di California juga sudah ikut kampanye. 

Mantan Presiden AS Barack Obama turut memberikan video dukungan kepada Newsom.

Dari Capitol Hill, mulai dari Ketua DPR Nancy Pelosi, Senator Amy Klobuchar, Senator Elizabeth Warren, serta anggota DPR Alexandria-Ocasio-Cortez telah ikut pula menyampaikan dukungan mereka kepada gubernur petahana. 

Pemilihan ini digelar pada Selasa 14 September 2021 waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini