Sukses

Lansia Inggris Usia 50 Tahun ke Atas Akan Diberikan Booster Vaksin COVID-19

Pemerintah Inggris telah menerima saran Joint Committee on Vaccination and Immunisation (JCVI) untuk memberi suntikan booster pada sembilan kelompok pertama yang diprioritaskan.

Liputan6.com, London - Suntikan booster COVID-19 akan ditawarkan pada orang yang berusia 50 tahun ke atas, mereka yang berada di panti jompo, pekerja kesehatan dan perawatan sosial garis depan, serta setiap orang yang rentan berusia di atas 16 tahun, ujar pemerintah Inggris.

Melansir dari laman Sky News, Rabu (15/9/2021), Joint Committee on Vaccination and Immunisation (JCVI) mengatakan, ada preferensi untuk vaksin mRNA COVID-19 berdasarkan hasil uji coba, dengan pilihan pertama untuk booster adalah vaksin Pfizer, atau alternatifnya, setengah dosis suntikan Moderna.

Mereka yang tidak dapat mendapat vaksin mRNA karena alergi harus mendapat booster vaksin AstraZeneca.

Dosis ketiga tidak boleh diberikan sampai enam bulan setelah seseorang mendapatkan dosis kedua, tambah komite.

Masing-masing dari pemerintah Inggris telah menerima saran itu dan program akan dimulai minggu depan.

Sekretaris kesehatan, Sajid Javid, mengatakan pada Selasa (14/9) bahwa ia dapat mengonfirmasi telah menerima saram JCVI dan NHS sedang bersiap untuk menawarkan dosis booster mulai minggu depan.

Ia mengatakan, orang yang memenuhi syarat akan dihubungi NHS untuk datang dan menerima suntikan booster mereka.

Wakil kepala petugas medis Inggris, Profesor Jonathan Van-Tam, mengatakan, suntikan booster akan diadakan di pusat vaksinasi massal dan operasi dokter umum.

Ketua JCVI, Profesor Wei Shen Lim, mengatakan pada pers: "Mendapatkan dosis terlalu dini mungkin berarti mereka tidak membutuhkannya karena mereka masih memiliki tingkat perlindungan yang tinggi, dan seperti yang telah kita lihat dengan kesenjangan antara dosis pertama dan kedua, Anda tidak ingin memilikinya terlalu dini."

Ia mengatakan, suntikan booster tiap enam bulan mungkin tidak diperlukan, tetapi masih terlalu dini untuk mengatakannya. 

Prof Lim menambahkan bahwa saran booster hanya untuk musim dingin ini dan orang yasng lebih muda mungkin tidak membutuhkannya. Namun, JCVI menyarakan untuk melakukannya di kemudian hari.

Ia mengatakan program suntikan booster bukan berarti tidak boleh mendapatkan vaksin COVID-19 pertama dan kedua, jika belum.

Konsultan dokter pernapasan itu juga mengatakan bahwa orang-orang harus tetap mendapatkan vaksin flu dan dapat mendapatkan booster dan vaksin flu pada saat yang bersamaan - meskipun hal ini mungkin tidak mungkin dilakukan secara praktis untuk pusat vaksin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Direktur Jendral WHO: Belum Cukup Bukti Untuk Menunjukkan Suntik Booster Perlu

Prof Van-Tam mengatakan, suntikan yang menggabungkan kedua vaksin dapat dikembangkan di masa mendatang.

Ia menambahkan tidak ada preferensi untuk Pfizer atau Moderna tetapi ada lebih banyak suntikan Pfizer yang tersedia.

"Setelah melihat data dan duduk di pertemuan JCVI, saya akan sangat puas, sebagai pria 57 tahun dan pekerja kesehatan, ditawari Pfizer atau Moderna," katanya.

Prof Van-Tam memperingatkan tentang musim dingin yang "bergejolak" di depan meskipun vaksin telah "sangat sukses" dan sejauh ini telah mencegah sekitar 24 juta kasus COVID-19 dan 112.000 kematian.

"Tetapi kita juga tahu bahwa pandemi ini masih aktif. Kita belum melewati pandemi, kita masih dalam fase aktif," katanya.

"Kami tahu bahwa musim dingin ini sangat mungkin bergelombang pada waktu-waktu tertentu dan kami tahu bahwa virus pernapasan lain seperti flu dan RSV (virus syncytial pernapasan) kemungkinan besar akan kembali."

Direktur jenderal WHO mengatakan bahwa meluncurkan kampanye booster ke lebih dari sekadar orang-orang yang rentan adalah "benar-benar tidak benar".

Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, negara-negara harus berpikir dua kali sebelum melakukannya, mengingat masih belum cukup bukti untuk menunjukkan bahwa suntikan booster diperlukan.

Menjawab pertanyaan tentang dosis ketiga untuk TRT World pada briefing WHO yang berfokus pada Afrika dan kesetaraan vaksin COVID-19, Dr Tedros mengatakan: "Moratorium untuk penggunaan booster, yang saya minta harus bertahan hingga akhir tahun ini, mencakup immunocompromised secara khusus, tidak lebih dari itu.

"Kami sudah mengatakannya berkali-kali."

"Kami mengadakan pertemuan baru-baru ini dengan 2.000 ilmuwan yang datang dari seluruh dunia yang membahas masalah yang sama dan tidak ada yang konklusif tentang penggunaan booster untuk saat ini."

"Sampai kita memiliki bukti konklusif, sangat penting untuk menahannya."

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.