Sukses

Paspor Diplomatik Adalah Dokumen Istimewa, Seperti yang Dimiliki BTS

Paspor diplomatik merupakan paspor resmi yang diberikan untuk menjalankan tugas pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta - Grup boyband ternama BTS asal Korea Selatan baru saja menerima paspor diplomatik yang diberikan secara langsung oleh Presiden Moon Jae-in. Lantas, apa itu paspor diplomatik? Dan apa saja manfaat dan perbedaannya dengan paspor biasa?

Mengutip CNBC TV 18, Rabu (15/9/2021), paspor diplomatik dikeluarkan hanya untuk individu tertentu yang ingin bepergian ke luar negeri untuk urusan resmi pemerintah. Menurut definisi, ini paling sering dikeluarkan untuk diplomat dan pekerja konsul yang ditempatkan di luar negeri, serta individu yang dipekerjakan pemerintah yurisdiksi tertentu.

Paspor diplomatik adalah jenis dokumen identitas internasional yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri yang mendefinisikan posisi diplomat dan memberikan mereka hak istimewa. Paspor diplomatik diberikan kepada pejabat pemerintah dan keluarganya yang telah dikirim ke luar negeri untuk menghadiri kongres dan konferensi.

Individu yang merasa memenuhi syarat untuk mengajukan paspor diplomatik dapat mengajukan permohonan yang sama. Namun, mereka harus menunjukkan dokumen hukum yang menunjukkan bagaimana mereka berafiliasi dengan pemerintah atau negara bagian.

Individu yang mengajukan paspor diplomatik diharuskan untuk mengajukan permohonan ke badan pengatur khusus yang mengatur penerbitan paspor spesialis.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keistimewaan Paspor Diplomatik

Jika seseorang memenuhi syarat dan berhasil memperoleh paspor diplomatik, maka keluarga dekatnya juga dapat mengajukan paspor diplomatik yang memungkinkan diplomat untuk bepergian secara bebas bersama keluarganya ke seluruh dunia.

Keuntungan pertama dan terpenting dari memiliki paspor diplomatik adalah bahwa itu adalah bukti bahwa pemegangnya menikmati kekebalan diplomatik dan mengidentifikasi konsul kehormatan kepada otoritas negara tuan rumah.

Meskipun keuntungan ini bervariasi dari satu negara ke negara lain, keuntungan yang paling umum termasuk pemegang dapat menggunakan saluran diplomatik bandara dan tidak akan dikenakan penundaan waktu dan pemeriksaan pelanggan.

Selanjutnya, di bawah hukum internasional, mereka menikmati kekebalan diplomatik dan kantor serta kediaman diplomat diperpanjang status kedaulatannya.

Seorang diplomat memperoleh plat nomor kendaraan diplomatik (CC atau CD) gratis dan paspor meningkatkan kesuksesan bisnis diplomat tersebut.

Pemegang paspor diplomatik dibebaskan dari pajak yang mungkin timbul dari perjalanan baik di darat maupun udara. Oleh karena itu seorang konsul kehormatan atau diplomat dapat melakukan perjalanan dari satu negara ke negara lain dengan murah dan cepat.

Mereka juga menikmati gerakan dan aktivitas yang percaya diri secara internasional. Permintaan imigrasi di bandara akan berkurang secara signifikan.

Pemegang paspor diplomatik bebas dari kewajiban pajak atas penghasilan dari luar negara tuan rumah. Seorang diplomat yang tidak hanya menegaskan penerimaan penunjukan diplomatik tetapi juga telah memperoleh paspor diplomatik, tidak perlu membayar pajak atas penghasilan yang berasal dari negara atau negara lain selain negara tuan rumah.

3 dari 3 halaman

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.