Sukses

Formasi Batu Misterius Terbelah Sempurna di Arab Saudi Bikin Bingung, Karya Alien?

Al Naslaa adalah salah satu batu dengan formasi aneh yang terdapat di Tayma Oasis, Arab Saudi.

Liputan6.com, Tayma Oasis - Tayma Oasis yang terletak di Arab Saudi adalah rumah bagi misteri geologi yang telah berusia 4.000 tahun. Salah satu bentuk batu aneh yang terkenal adalah Al Naslaa, batuan ini memiliki formasi aneh, karena di tengah dua batu pasir itu terdapat jejak pemisahan yang sempurna seperti menggunakan sinar laser.

Dilansir dari Oddity Central, Kamis (16/9/2021), formasi batuan Al Naslaa yang terkenal di dunia terdiri dari dua batu pasir besar yang terdapat alas alami dengan ukuran yang kecil. Tapi yang benar-benar menarik perhatian adalah pemisahan sempurna antara dua batu besar, yang tampak seperti dilakukan dengan sinar laser.

Pemisahan dua batu pasir ini menyebabkan banyaknya spekulasi di internet, seperti beberapa mengatakan bahwa Al Naslaa adalah bukti peradaban kuno yang mungkin lebih maju daripada yang diceritakan dalam sejarah. Banyak orang yang kagum dengan pemisahan dua batu pasir yang sempurna, karena retakannya sangat tepat dan lurus sehingga terlihat seperti seseorang memotong batu pasir menjadi dua dengan laser.

Al Naslaa hanyalah salah satu dari banyak batu di Tayma Oasis yang memiliki penampilan unik, tetapi belahan yang hampir sempurna inilah yang membuat banyak orang tertarik.

Formasi batu Al Naslaa telah menciptakan kebingungan di antara ahli geologi dan sejarawan sejak pertama kali ditemukan, karena tidak ada yang benar-benar dapat menjelaskan bagaimana tepatnya dua batu itu dapat terpisah dengan sempurna.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teori-Teori Batu Al Naslaa

Dua batu pasir dan alasnya dapat dikaitkan dengan elemen alam, namun pemisahan vertikal yang sempurna itu terlihat seperti buatan manusia.

Banyak ahli geologi yang percaya bahwa perpecahan yang sempurna itu memiliki penyebab alami seperti gerakan tektonik. Teori ini dipercaya karena jika Bumi bergeser walaupun hanya sedikit, cukup untuk menyebabkan batu itu retak dan terpisah menjadi dua.

Ilmuwan lain yang percaya bahwa perpecahan itu benar-benar garis patahan, karena material di sekitar patahan biasanya cenderung lebih lemah dan lebih mudah terkikis. Namun, ada juga Ada orang yang percaya bahwa Al Naslaa terbentuk dari tanggul gunung berapi sehingga beberapa mineral yang lebih lemah akan mengeras di sana sebelum semuanya digali.

Spekulasi lain menyebutkan bahwa Al Naslaa adalah karya peradaban kuno yang maju atau alien. Kedua teori itu muncul karena banyak orang yang percaya bahwa garis itu terjadi karena perpecahan vertikal terlihat sempurna. Memang belum ada penjelasan secara ilmiah nya, namun, tampaknya teori tersebut tidak mungkin.

Selain garis pemisah yang lurus sempurna, ternyata terdapat lukisan kuno di permukaan batu aneh ini. Terdapat lukisan berupa kuda dan manusia di dekat bagian yang terbelah. Tapi tentu saja ahli geologi Arab Saudi, sampai kini belum dapat mengungkap asal muasal lukisan tersebut.

 

Penulis : Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Batu Akik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.