200 Pekerja Migran dan ABK WNI di Bahrain Dapat Vaksin COVID-19 Sputnik V

Oleh Liputan6.com pada 13 Sep 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 13 Sep 2021, 08:00 WIB
Vaksinasi COVID-19 untuk WNI di Bahrain, 11 September 2021 (KBRI Manama)
Perbesar
Vaksinasi COVID-19 untuk WNI di Bahrain, 11 September 2021 (KBRI Manama)

Liputan6.com, Manama - Sekitar 200 orang warga negara Indonesia tampak antri berbaris dengan rapi di Halat Bu Maher Health Center, Muharraq, Bahrain pada Sabtu pagi tanggal 11 September 2021. Ratusan orang WNI tersebut hendak mendapatkan vaksinasi Covid-19. Para WNI yang hadir merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan para Anak Buah Kapal (ABK) yang bekerja di Bahrain.

Program vaksinasi tersebut merupakan kerja sama Kedutaan Besar Indonesia di Manama (KBRI Manama) dengan Pemerintah Kerajaan Bahrain.

Pada kegiatan itu, Pemerintah Kerajaan Bahrain membantu penyediaan dan pemberian vaksinasi kepada para PMI dan ABK. Adapun proses registrasi, verifikasi data, dan identifikasi para peserta dilakukan oleh KBRI Manama.

Vaksin yang digunakan dalam program ini adalah Sputnik V, demikian seperti dikutip dari siaran pers KBRI Manama,

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain, YM Nur Syahrir Rahardjo, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kerajaan Bahrain atas inisiatif dan kepeduliannya terhadap warga negara Indonesia, khususnya para pekerja migran dan anak buah kapal.

Bahkan sejumlah PMI dan ABK yang belum memiliki dokumen keimigrasian lengkap juga turut mendapatkan vaksinasi COVID-19. Hal tersebut mencerminkan hubungan bilateral kedua negara yang sangat baik.

 


Realisasi Upaya Perlindungan WNI di Luar Negeri

Infografis Semua Vaksin Covid-19 Program Nasional Gratis, Laporkan bila Berbayar. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis Semua Vaksin Covid-19 Program Nasional Gratis, Laporkan bila Berbayar. (Liputan6.com/Niman)

Duta Besar RI menegaskan kegiatan vaksinasi ini merupakan salah satu upaya realisasi komitmen negara untuk senantiasa melindungi warga negara Indonesia. Duta Besar juga berpesan agar para pekerja dan anak buah kapal Indonesia senantiasa mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku.

Lebih dari 70% dari total 1,6 juta jiwa populasi Bahrain telah mendapatkan vaksinasi secara lengkap sebanyak 2 kali suntik. Bahkan kelompok lanjut usia (lebih dari 50 tahun) didorong untuk segera mendapatkan suntikan ketiga (booster).

Bahrain juga telah memberikan vaksinasi Covid-19 kepada anak-anak / remaja usia 12 sampai dengan 18 tahun. Vaksin yang telah mendapatkan ijin penggunaan di Bahrain adalah Pfizer, Astra Zeneca, Sinopharm, Sputnik V, dan Johnson&Johnson.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya