Sukses

Analis PBB: Afghanistan di Bawah Taliban Jadi Tanah Impian bagi Militan

Ada indikasi bahwa generasi baru teroris sedang berusaha untuk menjadikan Afghanistan di bawah kendali Taliban sebagai basis mereka, kata analis PBB.

New York - Dua puluh tahun setelah kelompok teror Al-Qaeda - yang berbasis di Afghanistan - melancarkan serangan teror 11 September terhadap Amerika Serikat, kini ada indikasi generasi baru teroris sedang berusaha untuk menjadikan negara itu sebagai basis mereka.

Tampaknya didorong oleh pengambilalihan Taliban setelah penarikan pasukan AS dan NATO, teroris di bagian-bagian lain dunia berbicara tentang melakukan perjalanan, menurut para pejabat kontraterorisme dan berbagai analis.

“Tidak ada keraguan bahwa obrolannya tentang ini,” kata Edmund Fitton-Brown, koordinator tim PBB yang memantau kelompok ISIS, Al-Qaeda dan Taliban, Jumat (10/9), seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (12/9/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembicaraan Soal Gelombang ke Afghanistan Meningkat

Para analis juga mengatakan pembicaraan tentang aliran baru teroris ke Afghanistan kini meningkat.

Pejabat-pejabat AS yang berbicara kepada VOA dengan syarat anonim untuk membicarakan maalah intelijen menolak mengomentari “obrolan” secara spesifik, tetapi mereka tidak mengecilkan potensi ancaman.

Beberapa badan intelijen memperingatkan bahwa Afghanistan sudah melihat “tetesan” militan asing yang masuk awal tahun ini, sebelum selesainya penarikan militer AS.

Namun, apakah “tetesan” itu akan berkembang menjadi “aliran” yang lebih besar masih belum diketahui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.