Sukses

Prancis Gelar Investigasi atas Eks Menteri Kesehatan Soal Penanganan Covid-19

Mantan menteri kesehatan Prancis sedang diselidiki secara resmi tentang bagaimana dia menangani pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Paris - Mantan menteri kesehatan Prancis sedang diselidiki secara resmi tentang bagaimana dia menangani pandemi Covid-19.

Jaksa mengatakan Agnès Buzyn sedang diselidiki karena "membahayakan nyawa orang lain", setelah meninggalkan perannya pada Februari 2020 untuk meluncurkan upaya yang gagal untuk menjadi walikota Paris.

Pengadilan khusus untuk pelanggaran pemerintah akan memutuskan apakah akan menuntutnya, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (11/9/2021).

Ini adalah salah satu kasus pertama di dunia dari seorang menteri yang bertanggung jawab secara hukum atas respons pandemi virus corona mereka.

Buzyn juga bisa menghadapi ancaman dakwaan "gagal melawan bencana", menurut surat kabar Le Monde.

Pada sidang pengadilan pada hari Jumat, perempuan berusia 58 tahun itu mengatakan dia menyambut baik kesempatan untuk menjelaskan dirinya sendiri dan "untuk menetapkan kebenaran", kantor berita AFP melaporkan.

Dia menambahkan bahwa dia tidak akan membiarkan tindakan pemerintah atau tindakannya sendiri didiskreditkan "ketika kita melakukan begitu banyak untuk mempersiapkan negara kita menghadapi krisis kesehatan global".

Buzyn mengambil peran sebagai menteri kesehatan Prancis pada Mei 2017 dan mengundurkan diri hanya beberapa minggu setelah kasus Covid-19 pertama dikonfirmasi di Prancis.

Dia kalah dalam pemilihan walikota dari Anne Hidalgo tahun lalu. Mantan dokter itu kemudian bergabung dengan kepala kabinet Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Januari 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Pengadilan Khusus untuk Pelanggaran Pemerintah Prancis

Prancis membentuk Pengadilan Kehakiman Republik, atau Cour de Justice de La Republique, pada tahun 1993 untuk menyelidiki menteri pemerintah yang dituduh melakukan pelanggaran.

Pengumuman itu muncul sebagai bagian dari penyelidikan yang lebih luas terhadap respons pandemi pemerintah - termasuk kesiapannya, perubahan kebijakan, dan penerimaan penelitian ilmiah terhadap virus.

Menteri Kesehatan Prancis saat ini Olivier Véran dilaporkan juga dapat dipanggil di hadapan hakim yang sama dalam beberapa minggu mendatang.

Pada hari Jumat, Prancis melaporkan 9.966 lebih banyak infeksi selama 24 jam terakhir, dibandingkan dengan 13.466 pada Jumat sebelumnya.

Secara total negara itu telah melaporkan sekitar 6,7 juta kasus dan lebih dari 113.000 kematian, menurut data Universitas Johns Hopkins.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.