Sukses

Diskusi Via Telepon, Xi Jinping dan Joe Biden Bahas Asal-Usul COVID-19

Presiden Biden dan Xi Jinping membahas soal asal-usul COVID-19 dalam diskusinya.

Liputan6.com, Beijing - Presiden AS Joe Biden membahas penyelidikan asal-usul COVID-19 selama panggilan via telepon pada Kamis (9/11) dengan Xi Jinping, menurut Gedung Putih.

"Mereka memang membahas berbagai masalah trans-nasional termasuk COVID-19, dan memahami asal-usulnya tentu saja menjadi perhatian utama pemerintahan ini," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki. 

"Ya, itu adalah topik yang diangkat, tapi saya tidak akan membahas lebih jauh."

Biden bersumpah bulan lalu untuk menekan China agar mendapat jawaban atas asal mula pandemi yang kini telah menewaskan 4,8 juta orang di seluruh dunia. Badan-badan intelijen mengatakan mereka tidak dapat menyelesaikan perdebatan tentang apakah virus itu muncul dari laboratorium penelitian China tanpa bantuan Beijing.

Beijing membantah tuduhan AS bahwa mereka tidak bekerja sama dengan penyelidikan sumber pandemi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembicaraan Pertama sejak 7 Bulan

Panggilan telepon selama 90 menit tersebut adalah pembicaraan pertama bagi kedua pemimpin dalam tujuh bulan di tengah hubungan dingin antara kedua negara.

Seorang pejabat AS mengatakan Biden tidak berencana untuk meningkatkan prospek tindakan pembalasan AS jika China menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan atau berbagai masalah lainnya.

S ementara itu, Xi mengatakan kepada Biden bahwa kedua negara harus menghormati masalah inti masing-masing dan mengelola perbedaan dengan benar, lapor kantor berita resmi China Xinhua.

Outlet tersebut melaporkan bahwa Xi menyarankan kepada Biden bahwa negara-negara tersebut harus melanjutkan kontak dan dialog dan bekerja sama dalam berbagai masalah termasuk pencegahan dan pengendalian epidemi dan pemulihan ekonomi, serta masalah-masalah internasional dan regional utama seperti perubahan iklim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.