Sukses

Potong Kue Pakai Benang Gigi, Ini 15 Trik Bikin Aktivitas Masak Jadi Lebih Mudah

Beberapa kitchen hacks atau trik ini berguna bagi masyarakat awam hingga seseorang yang ahli dalam memasak.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda seorang pemula atau profesional di dapur, beraktivitas memasak tentu harus terasa menyenangkan. Agar hasil yang diciptakan juga lezat dan sesuai harapan.

Tidak ada salahnya kan untuk mengikuti beberapa culinary hacks atau trik terkait memasak di bawah ini, agar memasak Anda lebih menyenangkan dan praktis, dikutip dari mental floss, Rabu (29/9/2021):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Gunakan Kertas Tisu, Sayuran Jadi Tahan Lama

Menyedihkan sekali bukan melihat salad hijau di kulkas tampak layu dan basah.

Maka dari itu untuk sayuran hijau seperti arugula, bayam, dan mesclun agar tetap awet dan tidak cepat layu masukkan ke dalam wadah plastik dengan tisu, tutupi dengan tisu lainnya di atas sayuran.

Tisu menyerap air berlebih dari sayuran, sementara wadah berguna untuk menjaga daun agar tetap longgar dan tidak mudah hancur.

3 dari 16 halaman

2. Gunakan Kantong Plastik untuk Membuat Pancake

Pancake cukup mudah untuk dibuat bagi kaum awam hingga seseorang yang ahli dalam memasak, namun proses dalam pembuatan pancake sangatlah ribet dan bisa membuat dapur kita tampak seperti habis terkena angin puting beliung yang baru saja bertiup.

Untuk mengurangi kegaduhan dalam memasak pancake, cobalah proses sederhana ini: Campur semua bahan dalam kantong plastik, lalu potong salah satu sudut untuk mengeluarkan adonan dalam plastik. Setelah itu tekan plastik tersebut hingga adonan keluar dari sudut plastik yang sudah kita potong, kreasikan bentuk pancakemu!

4 dari 16 halaman

3. Jaga Tutup Panci Saat Air Mendidih

Ini merupakan cara yang sudah biasa kamu temukan: Ketika kamu sedang ingin makan malam keluarga, namun kamu menunggu airnya mendidih terlalu lama. Untuk mempercepatnya, tutup panci dan biarkan uap panas bekerja.

Pastikan juga kamu menggunakan air sebanyak yang kamu butuhkan, karena semakin banyak air di dalam panci maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk merebus.

5 dari 16 halaman

4. Tambahkan Marshmallow ke Dalam Gula Merah untuk Menjaga Kelembutannya

Gula merah merupakan sahabat bagi para tukang roti, dan gula merah perlu disimpan dengan cara yang benar agar tidak mengeras.

Pertama, pastikan menyimpannya dalam wadah kedap udara atau kantong plastik agar kelembapannya tidak keluar. Kemudian, coba tips dari real Simple untuk memasukkan satu atau dua marshmallow di gula merah.

Kamu juga bisa mencoba metode cara kuno dengan menggunakan sepotong roti atau sepotong apel.

6 dari 16 halaman

5. Buat Rasa Pada Minyak Zaitun dari Sayuran Herbal Sisa

Banyak resep yang membutuhkan rempah-rempah yang segar, namun biasanya hanya terpakai satu sendok teh atau hanya beberapa tangkai saja.

Untuk menyimpan sisanya daun ketumbar, rosemary, dan oregano tidak dibiarkan saja di lemari es, masukkan ke dalam stoples kecil minyak zaitun dan buatlah variasi herb-infused.

7 dari 16 halaman

6. Kehabisan Mayonaise? Ayo Buat Sendiri

Mayo sangat cocok menjadi salah satu lapisan sandwich dan digunakan dalam salad pasta, saus, dan lain-lainnya. Mulai sekarang tidak perlu lagi membeli mayonaise di supermarket atau minimart. 

Karena yang kamu butuhkan untuk membuat mayo hanyalah beberapa bahan dalam beberapa menit, yaitu : telur, secangkir minyak zaitun, jus lemon, dan sedikit garam.

Caranya: kocok kuning telur dengan 1-2 sendok makan jus lemon, lalu tambahkan minyak zaitun secara perlahan sambil terus diaduk. Tambahkan sejumput garam dan satu sendok teh air, jika perlu untuk mengencerkan campuran.

8 dari 16 halaman

7. Membuat Bacon dengan Cetakan Waffle

Pakar kuliner Alton Brown memperkenalkan hacks atau trik ini sebagai cara untuk mendapatkan hasil daging yang dimasak dengan sempurna tanpa genangan minyak.

Caranya, yaitu dengan atur cetakan waffle ke api sedang, lalu letakkan potongan daging ke wajan. Tutup penutup cetakan dan diamkan selama 2,5 menit. Setelah waktu habis, pindahkan bacon dan panaskan lagi selama 2,5 menit.

Hasilnya bacon akan menjadi sangat enak dan renyah, dan sisa minyak dapat digunakan kembali untuk menggoreng kentang goreng.

9 dari 16 halaman

8. Bersihkan Panggangan Dengan Bawang

Daripada susah payah menggosok panggangan dengan sikat, potongan bawang bombay akan menghilangkan sisa-sisa kotoran dari panggangan kamu.

Potong bawang menjadi dua, lalu geser ke atas panggangan dengan sisi datar ke bawah. Pastikan juga bahwa panggangan masih bagus dan panas untuk melonggarkan sisa-sisa kotoran di panggangan, ahli pemanggang Texas bersumpah trik ini akan berhasil.

10 dari 16 halaman

9. Mengembalikan Roti Yang Basi dengan Air dan Panas

Trik ini tidak akan berhasil untuk irisan roti sandwich, trik ini dikhususkan untuk roti baguette dan roti utuh yang sudah keras.

Dengan cara pegang roti di bawah air mengalir, lalu masukkan ke dalam oven dan panaskan selama enam hingga tujuh menit pada suhu 325 °F. Uap dari air akan menghidrasi kembali roti, dan panas oven akan memastikan bagian luarnya bagus dan kokoh.

11 dari 16 halaman

10. Mematangkan Alpukat Secara Cepat dengan Memasukkan ke Dalam Kantong Kertas

Tidak ada alpukat yang sempurna matang dan lembut. permasalahan yang sering terjadi ketika kita menemukan alpukat adalah masih terlalu keras atau terlalu lembek. Namun kalau kamu menemukan alpukat di supermarket tetapi masih keras, jangan sedih.

Kamu dapat mempercepat proses pematangannya dengan menutup alpukat tersebut di dalam kantong kertas. Trik ini tidak berhasil hanya dalam semalam, namun proses kematangan alpukat akan lebih cepat daripada hanya meninggalkannya di wadah

Untuk mempercepat prosesnya, bisa tambahkan pisang atau apel ke dalam kantong karena kedua buah tersebut mengeluarkan gas etilen, yang dapat mendorong proses pematangan.

12 dari 16 halaman

11. Memotong Kue dengan Benang Gigi

Jika kamu tidak menggunakan benang gigi secara teratur, namun mulai sekarang kamu tetap harus menyimpan kotak kecil benang gigi di sekitar dapur.

Benang yang biasa untuk membersihkan gigi ternyata juga punya manfaat lain yaitu untuk memotong kue ulang tahun, nyatanya memotong kue menggunakan benang untuk gigi lebih rapih daripada menggunakan pisau. Benang gigi juga dapat difungsikan untuk mengolesi daging, mengangkat kue dari loyang hingga membersihkan adonan yang menempel di meja kamu.

13 dari 16 halaman

12. Hindari Kerusakan dengan Cara Memanggang Ikan di Atas Jeruk

Banyak juru masak rumahan yang merasa sering gagal saat memanggang ikan di rumah, pasalnya tidak sedikit dari mereka yang membayangkan kekacauan saat membakar dan ikan yang menempel lengket di panggangan. Agar ikan tidak menempel di wajan atau panggangan, masaklah di atas irisan buah jeruk, di sisi lain irisan jeruk juga dapat memberikan rasa ekstra.

14 dari 16 halaman

13. Gunakan Sendok untuk Mengupas Jahe

Jahe segar memiliki aroma yang penuh rasa dan banyak sekali manfaatnya. Tapi bagi kebanyakan orang sangat sulit untuk mengupas kulit jahe yang berwarna cokelat kasar itu dengan pisau atau bahkan pengupas buah.

Sebagai gantinya gunakan sendok, yang bisa mengatasi semua sudut dan celah itu. Gosok perlahan ujungnya di permukaan, dan kulitnya akan memberi jalan pada daging putih yang berada di bawahnya.

15 dari 16 halaman

14. Gunakan Buah Beku untuk Mendinginkan Wine

Setiap juru masak yang bekerja dengan keras selalu ingin memberikan persembahan yang tepat. Jika menyuguhkan anggur namun botolnya tidak didinginkan dengan cara yang benar. Tidak perlu khawatir karena kamu cuma perlu memasukkan anggur beku atau blueberry beku. Buah tersebut akan mendinginkan minuman tanpa membuat wine menjadi encer.

Jika kamu merupakan seorang peminum bir, cobalah bungkus botol atau kaleng dengan tisu basah dan masukkan ke dalam freezer selama 15 menit. Tisu akan menarik segala kehangatan dari kaleng lebih cepat daripada hanya menempelkannya di es saja.

 

16 dari 16 halaman

15. Merebus Telur di Oven

Jika kamu perlu merebus banyak telur sekaligus atau mungkin kamu belum menguasai metode merebus air, kamu bisa mencoba trik oven ini. Lapisi setiap cetakan muffin dengan cups kertas untuk membuat muffin. Lalu masukkan telur dalam setiap cup, panaskan telur selama 30 menit pada suhu 350 ° F, lalu rendam dalam air es selama 10 menit.

Penulis : Azarine Natazia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini