Sukses

Xi Jinping dan Joe Biden Kembali Berkomunikasi Sejak 7 Bulan Lalu, Bahas Apa?

Dalam dialog antara Xi Jinping dan Joe Biden, kedua pihak menghindari konflik antara kedua negara.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Joe Biden berbicara dengan Xi Jinping untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan pada Kamis (9/9), mendesak mereka memastikan bahwa "persaingan" antara kedua pihak tidak menjadi "konflik", kata Gedung Putih.

Selama panggilan telepon, pesan Biden adalah bahwa Amerika Serikat ingin memastikan "dinamika tetap kompetitif dan bahwa kita tidak memiliki situasi apa pun di masa depan di mana kita mengarah ke konflik yang tidak diinginkan", kata seorang pejabat senior pemerintah AS kepada wartawan.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (10/9/2021), ini adalah panggilan telepon pertama para pemimpin sejak Februari lalu, ketika mereka berbicara selama dua jam, tak lama setelah Biden mengambil alih dari Donald Trump.

Hubungan AS-China merosot di bawah pemerintahan Trump, yang meluncurkan perang dagang antara negara dengan ekonomi nomor satu dan dua dunia itu. Pemerintahan Biden, sementara mendesak multilateralisme dan mengakhiri ideologi "Amerika first" Trump, telah mempertahankan tarif perdagangan dan tetap keras di bidang-bidang lain yang kontroversial dari hubungan dengan Beijing.

Namun, Gedung Putih mengisyaratkan bahwa kebuntuan diplomatik tidak berkelanjutan dan berpotensi berbahaya, membutuhkan intervensi oleh para pemimpin dalam panggilan hari Kamis.

"Kami menyambut persaingan yang ketat tetapi kami tidak ingin persaingan itu berubah menjadi konflik," ujar pejabat itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Konflik

Tujuan dari panggilan itu adalah untuk menetapkan "pagar pembatas" sehingga hubungan kedua negara dapat "dikelola secara bertanggung jawab."

Upaya tingkat yang lebih rendah untuk terlibat dengan China tidak berjalan dengan baik, terutama pada konflik Maret lalu antara Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan pejabat tinggi China ketika mereka bertemu di Anchorage, Alaska.

"Kami belum terlalu puas dengan perilaku lawan bicara kami," kata pejabat senior itu kepada wartawan.

Menurut pembacaan dari Gedung Putih setelah panggilan telepon, Biden dan Xi telah "membahas bidang-bidang di mana kepentingan keduanya bertemu, dan bidang-bidang di mana kepentingan, nilai-nilai, dan perspektif kita berbeda".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.