Sukses

Sejak Insiden 9/11, Ribuan Monumen Peringatan Korban Didirikan

Monumen peringatan 9/11 saat ini telah didirikan di seluruh negeri untuk menghormati 2.977 korban.

Liputan6.com, New York - Lebih dari seribu monumen peringatan 9/11 di seluruh negeri saat ini telah didirikan untuk menghormati 2.977 korban yang terbunuh di New York City, Washington D.C., dan Shanksville, Pennsylvania, 20 tahun yang lalu.

Sebagian besar dari peringatan itu berada di wilayah New York, New Jersey dan Connecticut, karena sekitar 500 orang yang tinggal di Long Island, kala itu pergi ke Manhattan's World Trade Center dan tewas pada 11 September 2001.

Setelah New York, New Jersey menjadi negara bagian kedua dengan jumlah korban terbanyak — terhitung 746 penduduk yang meninggal, demikian dikutip dari laman Fox News, Jumat (10/9/2021).

Catatan 9/11 Memorial & Museum menghitung setidaknya ada 1.190 memorial di AS, termasuk setidaknya 347 di New York dan setidaknya 41 di Connecticut.

Monumen "Empty Sky" di Liberty State Park di Jersey City berfungsi sebagai situs peringatan resmi negara bagian atas kejadian tersebut, menurut situs web pariwisata New Jersey.

Dan ini merupakan salah satu dari sedikitnya 168 monumen peringatandi seluruh negara bagian itu, yang bentuknya bervariasi mulai dari taman, plakat dan patung.

Seperti yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, nama-nama mereka yang tewas di World Trade Center akan dibacakan dengan lantang oleh anggota keluarga selama upacara peringatan 20 tahun di pagi hari tanggal 11 September, terbuka untuk keluarga saja.

Rumah ibadah didorong untuk membunyikan bel mereka pada pukul 08:46, saat American Airlines menabrak menara utara antara lantai 94 dan 99 World Trade Center.

Ketika pesawat pertama menghantam, diperkirakan 17.400 orang berada di menara. Tidak ada yang selamat di Menara Utara zona atas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Tahunan

Long Island, New York memiliki lusinan monumen 9/11 yang telah didirikan. Lokasinya beragam, mulau dari rumah pemadam kebakaran, sekolah, gedung publik dan taman.

Sebuah peringatan di Oceanside memuat foto-foto 13 warga kota yang hilang. Sementara itu, memorial Garden City memiliki 23 nama.

Town of Hempstead akan mengadakan 9/11 Sunrise Memorial Service tahunan pada 11 September 2021 di Town Park Point Lookout.

Monumen peringatan di sana termasuk balok baja setinggi 30 kaki dari Menara Kembar, meja Peringatan khusus, dan Tembok Memorial.

"Hampir 20 tahun yang lalu, banyak warga yang ke pantai, hanya untuk melihat ke wilayah barat dari kejauhan. Kala itu asap pekat sangat menggambarkan kepahitan. Di mana Menara Kembar pernah berdiri," kata Pengawas Kota Hempstead, Donald X. Clavin dalam sebuah pernyataan.

"Saat mendekati peringatan 20 tahun yang emosional ini, kami mengundang Anda untuk kembali pantai," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.