Sukses

Qatar Bantu Evakuasi Warga Asing dari Afghanistan

Qatar melakukan evakuasi perdana bagi warga asing usai Amerika Serikat meninggalkan Afghanistan.

Liputan6.com, Doha - Pemerintah Qatar melaksanakan evakuasi bagi warga asing yang berada di Afghanistan. Ini adalah evakuasi pertama bagi warga asing setelah Amerika Serikat pergi dari negara itu. 

Dilaporkan BBC, Jumat (10/9/2021), pesawat yang dikirim adalah Qatar Airways yang terbang menuju Doha. Warga AS dan Inggris ikut evakuasi pesawat charter itu.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab berkata ada 13 warga Inggris yang sampai di Doha. Ia pun berterima kasih pada Qatar atas evakuasi ini.

Senada, Gedung Putih menyampaikan ucapan terima kasih kepada Qata dan mengkonfirmasi warga AS juga ikut evakuasi dari Hamid Karzai International Airport (HKIA).

"Kami sangat berterima kasih atas usaha berkelanjutan Qatar dalam memfasilitasi operasi di HKIA dan membantu memastikan keamanan penerbangan-penerbangan charter itu," demikian pernyataan Gedung Putih.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AS Sebut Taliban Kooperatif

Dalam pernyataannya, Gedung Putih juga memuji Taliban yang kooperatif. Taliban disebut fleksibel dan profesional. 

"Taliban bersikap kooperatif dalam memfasilitasi kepergian warga Amerika dan lawful permanent resident di penerbangan Charter dari HKIA," tulis Gedung Putih.

"Mereka menunjukkan fleksibilitas, dan mereka bersikap secara bisnis dan profesional dalam penangangan kami dengan mereka dalam usaha ini. Ini adalah langkah pertama yang positif," lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya, AS berkata deadline pergi dari Afghanistan adalah 31 Agustus 2021. Namun, Taliban sepakat agar evakuasi bisa dilanjutkan melewati tanggal ini.

Gedung Putih pun memastikan bahwa warga AS yang ingin meninggalkan Afghanistan bisa terus dibantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini