Sukses

Gempa Dahsyat Magnitudo 7,1 di Acapulco Meksiko Hanya Menewaskan 1 Orang

Gempa bumi ini getarannya terasa ratusan kilometer jauhnya hingga gedung-gedung terasa bergoyang di ibu kota Meksiko, Mexico City.

Liputan6.com, Mexico City - Sedikitnya satu orang tewas setelah gempa magnitudo 7,1 melanda kota pesisir selatan Meksiko, Acapulco di negara bagian Guerrero pada Selasa (7/9) malam, kata para pejabat.

Getaran terasa ratusan kilometer jauhnya hingga gedung-gedung terasa bergoyang di ibu kota Meksiko, Mexico City, demikian dikutip dari Xinhua, Kamis (9/9/2021).

Dalam akun Twitter-nya, National Seismological Service mengatakan gempa terjadi pada pukul 20.47 waktu setempat (01.47 GMT) 11 km barat daya Acapulco, pada kedalaman sekitar 10 km.

Sistem peringatan tsunami AS, mengeluarkan ancaman tsunami untuk wilayah dekat pusat gempa. Tidak ada negara bagian AS yang berisiko.

Badan perlindungan sipil untuk Negara Bagian Guerrero, Meksiko mengatakan gempa itu terjadi delapan mil di tenggara kota pelabuhan dan resor Acapulco, serta telah menyebabkan pemadaman listrik dan telepon.

Laporan New York Times, Rabu menyebutkan batu-batu jatuh dan terjadi tanah longsor.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Fasilitas Umum Rusak

Video dan foto yang dibagikan di media sosial menunjukkan bangunan yang retak dan rusak, tiang lampu yang tumbang, dan jalanan yang dipenuhi pecahan kaca di Acapulco.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa berada pada kedalaman dangkal 7,8 mil sehingga memperkuat efek goncangan.

Wali kota Mexico City, Claudia Sheinbaum, mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden Andrés Manuel López Obrador mengenai situasi tersebut dan meminta semua orang untuk tetap tenang.

Sistem peringatan gempa ibu kota tampaknya telah berfungsi secara efektif, dengan pengeras suara di seluruh kota mengeluarkan sirene keras dan peringatan lisan tentang gempa beberapa detik sebelum terjadi, mendorong banyak orang untuk bergegas keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.