Sukses

Selandia Baru Bakal Cabut Pembatasan COVID-19, Varian Delta Mulai Terkendali

Selandia Baru akan mencabut pembatasan COVID-19.

Liputan6.com, Wellington - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pada Senin (6/9) mengatakan pembatasan virus corona secara nasional akan dicabut, kecuali di kota terbesar Auckland, ketika negara itu berada di puncak wabah varian Delta.

Selandia Baru sebagian besar bebas virus, tidak termasuk sekelompok kecil kasus pada Februari, sampai seorang pelancong yang terinfeksi dari Australia menyebarkan wabah yang mendorong Ardern untuk memberlakukan penguncian nasional pekan lalu.

Melansir Channel News Asia, Senin (6/9/2021), Ardern, yang mengatakan pembatasan akan dilonggarkan di luar Auckland mulai Rabu, terus mengejar strategi eliminasi untuk penyakit itu.

“Kami berada di ambang eliminasi, tetapi kami tidak bisa menjatuhkan bola,” kata Ardern pada konferensi pers yang disiarkan televisi. 

"Hari demi hari kami membuat kemajuan yang sangat baik. Yang tidak ingin saya lakukan adalah bergerak terlalu cepat dan kemudian melihat kebangkitan."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lockdown di Auckland

Sekitar 1,7 juta orang di Auckland yang menjadi pusat wabah, akan tetap berada dalam penguncian tingkat empat penuh hingga setidaknya 14 September.

Pelonggaran status waspada ke level dua dari level tiga di seluruh negeri akan memungkinkan pembukaan kembali sekolah, kantor, dan bisnis. Perjalanan regional juga akan diizinkan.

Masker juga masih akan diperlukan di sebagian besar tempat umum, termasuk toko dan mal. Tempat perhotelan dalam ruangan akan dibatasi hingga 50 pelanggan dan 100 orang di luar ruangan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.