Sukses

Bocah Asal India Pecahkan Rekor Dunia Bersepeda 108 km dalam 5 Jam

Sukses pecahkan roker, bocah berusia 6 tahun tercatat dalam World Book of Records.

Liputan6.com, Chennai - Rian Kumar yang berusia enam tahun dari Chennai, Tamil Nadu, India mencatat rekor dunia baru. Dirinya berhasil bersepeda non-stop sejauh 108 kilometer dalam waktu kurang dari 5 jam.

Pencapaiannya telah diakui oleh World Book of Records sebagai orang "tercepat dan termuda" yang mencapai prestasi tersebut.

Rian mengatakan kepada NDTV bahwa ibunya adalah pensiunan Komandan Gauri Sharma, yang juga seorang pesepeda. Ibunya adalah inspirasinya dalam dunia sepeda.

Kedua orang tua Rian adalah perwira di Angkatan Laut India, yang belum lama ini pindah ke Chennai dari Delhi.

"Hal yang paling saya sukai dari bersepeda adalah kecepatan. Saya berlatih bersepeda tiga hari seminggu. Lalu bersepeda statis dan latihan kekuatan di hari-hari lain."

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkat Bimbingan Sang Ibu

Menurut laporan DT Next, Rian mencapai prestasi unik ini tanpa pelatihan formal. Ia mengendarai sepeda anak-anak MTB 16 inci dan mulai bersepeda pada tahun 2020 dengan bimbingan dari ibunya, Gauri.

Gauri mengatakan bahwa pembatasan sosial yang disebabkan oleh pandemi memberinya kesempatan sempurna untuk mengasah keterampilan bersepedanya. Lantaran jalan-jalan di Chennai banyak yang gratis. Rian berlatih setiap hari pada jam 3 pagi untuk bersepeda dari OMR ke Mahabalipuram di Chennai.

Selain bersepeda, Rian juga aktif merawat sepedanya dan kedua orang tuanya tidak pernah memaksakan untuk mencapai rekor dunia.

Rian mengaku terinspirasi dari idola pesepedanya Tadej Pogacar, Julian Alaphilippe, dan Mark Cavendish yang menjadi tujuannya untuk bisa berpartisipasi dalam 200 km Brevets de Randonneurs (BRM) yang bergengsi dan di Tour De France, balap sepeda tahunan di Prancis.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.