Sukses

5 September 1975: Presiden AS Gerald Ford Lolos dari Upaya Pembunuhan Pertama

Pada 5 September 1975, Presiden Amerika Serikat Gerald Ford selamat dari upaya pembunuhan terhadap dirinya di Sacramento, California.

Liputan6.com, Sacramento - Pada 5 September 1975, Presiden Amerika Serikat Gerald Ford selamat dari upaya pembunuhan terhadap dirinya di Sacramento, California.

Penyerang, seorang wanita muda mungil, berambut merah, berwajah bintik-bintik bernama Lynette Fromme, mendekati presiden ketika dia berjalan di dekat California Capitol dan mengangkat pistol kaliber 0,45 ke arahnya.

Sebelum dia bisa melepaskan tembakan, agen Secret Service menyergapnya dan menjatuhkannya ke tanah, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (5/9/2021).

Tujuh belas hari kemudian, seorang wanita lain, Sara Jane Moore, seorang akuntan yang tidak stabil secara mental, mencoba membunuh Ford ketika dia berada di San Francisco.

Usahanya digagalkan oleh seseorang yang secara naluriah meraih lengan Moore ketika dia mengangkat pistol.

Meskipun dia melepaskan satu tembakan, peluru tidak mengenai targetnya. Orang tersebut, mantan veteran Marinir dari Perang Vietnam bernama Oliver Sipple, mendapatkan ucapan terimakasih secara terbuka dari presiden Ford tiga hari kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Pelaku Upaya Pembunuhan Pertama

Lynette Fromme, dijuluki "Squeaky," adalah anggota keluarga Charles Mansonyang terkenal, sekelompok pengedar narkoba yang mengikuti pemimpin kultus Manson.

Manson dan anggota lain dari "keluarganya" dihukum dan dijatuhi hukuman penjara karena membunuh mantan aktris Sharon Tate dan yang lainnya pada tahun 1969.

Selanjutnya, Fromme dan anggota perempuan lainnya dari kultus memulai perintah "biarawati" dalam kelompok baru yang disebut Pengadilan Retribusi Rakyat Internasional. Kelompok ini meneror eksekutif perusahaan yang memimpin bisnis yang merusak lingkungan. F

romme sendiri masih begitu terpikat pada Manson sehingga dia merancang rencana untuk membunuh Presiden Ford untuk menarik persetujuan Manson.

Fromme dihukum karena percobaan pembunuhan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di Virginia Barat. Dia melarikan diri pada tahun 1979, tetapi ditangkap dalam jarak 25 mil dari penjara.

Anehnya, calon pembunuh kedua Ford, Moore, dipenjara di fasilitas yang sama dan melarikan diri pada tahun 1989.

Dia menyerahkan diri dalam dua hari kemudian dan, seperti Fromme, dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan dengan keamanan lebih tinggi. Moore dibebaskan bersyarat pada tahun 2007; Fromme dibebaskan pada tahun 2009.

Setelah upaya pembunuhan Fromme, Ford dengan tabah melanjutkan ke Capitol untuk berbicara di depan legislatif California. Topik utama pidatonya adalah kejahatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.