Sukses

Demam Misterius Landa India, 32 Anak Meninggal

Menteri India mengatakan setidaknya delapan hingga sembilan daerah di distrik itu dilanda demam virus seperti demam berdarah yang misterius.

Liputan6.com, Uttar Pradesh - Sedikitnya 32 anak-anak dan tujuh orang dewasa meninggal karena "demam misterius" di Firozabad, Distrik Uttar Pradesh, India dalam sepekan terakhir, kata kepala menteri Yogi Adityanath pada Senin 30 Agustus 2021, saat bertemu dengan beberapa pasien dan keluarga mereka.

Menteri itu mengatakan setidaknya delapan hingga sembilan daerah di distrik itu dilanda demam virus seperti demam berdarah yang misterius.

"Bangsal terpisah telah dibuat untuk demam yang mencurigakan ini di Firozabad dan bangsal khusus COVID-19 telah disediakan sebagai bangsal terpisah. Ada tiga kematian di Medical College. Secara keseluruhan, 32 anak-anak dan tujuh orang dewasa meninggal karena demam yang mencurigakan," kata Adityanath seperti dikutip dari Hindustan Times, Kamis (2/9/2021).

Pemerintah negara bagian membantah laporan bahwa 39 orang meninggal karena demam berdarah dan kepala menteri mengatakan kematian akan diselidiki oleh tim dari Universitas Kedokteran King George di Lucknow dan tim pengawasan pemerintah India.

"Karena kurangnya kesadaran di tingkat lokal, pasien dibawa ke rumah sakit dan klinik swasta. Setelah mengetahui tentang demam, departemen kesehatan dan administrasi menilai kewenangan situasi tersebut di tingkat negara bagian," kata menteri utama kepada wartawan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Kali Terdeteksi

Menteri Adityanath mengunjungi anak-anak yang sakit di rumah sakit distrik dan meninjau pengaturan untuk memastikan perawatan yang tepat. Ia mengatakan kepada wartawan bahwa kasus pertama terdeteksi pada 18 Agustus dan anggota keluarga pasien memulai perawatan mereka di rumah sakit dan klinik swasta.

"Ketika pemerintah distrik mengetahui tentang demam, bangsal isolasi anak didirikan ... di mana kematian tiga anak dilaporkan dalam dua hari terakhir. Dua dari tiga anak di sana meninggal," katanya.

Adityanath mengatakan sampel beberapa pasien harus dikirim ke Universitas Kedokteran King George di Lucknow dan Institut Nasional Virologi di Pune. Dia juga mengunjungi Sudama Nagar dari mana banyak kasus dilaporkan.

Penduduk setempat menuduh departemen kesehatan dan badan kota mengabaikan masalah yang berkaitan dengan sanitasi, dan menuduh bahwa beberapa saluran air meluap di distrik tersebut.

Pada Minggu 29 Agustus, pejabat Firozabad Manish Asija dari BJP telah mengklaim bahwa lebih dari 40 anak meninggal karena demam berdarah di distrik tersebut selama seminggu terakhir dan menyalahkan departemen kesehatan negara bagian dan badan sipil setempat atas “tragedi tersebut”.

"Lebih dari 40 anak meninggal di Firozabad karena demam berdarah sejak 22-23 Agustus. Pagi ini, saya menerima kabar duka (kematian) enam anak," cuit Asija, menambahkan, "Sebagian besar dari anak-anak ini berada dalam kelompok usia 4-15 tahun."

Menteri Kesehatan India Jai Pratap Singh, bagaimanapun, mengatakan kepada kantor berita PTI, "Berita itu salah. Tidak ada laporan seperti itu (tentang kematian akibat demam berdarah)."

Kongres menyatakan keprihatinan atas kematian tersebut. "Pemerintah negara bagian harus segera mengambil tindakan untuk meningkatkan layanan kesehatan sehingga penyakit seperti itu dapat diperiksa," kicau Sekjen Partai Priyanka Gandhi Vadra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.