Sukses

Kanada Bakal Sambut Kedatangan 5 Ribu Pengungsi Afghanistan yang Dievakuasi oleh AS

Kanada akan menerima lima ribu pengungsi dari Afghanistan.

Liputan6.com, Ottawa - Kanada mengatakan pada Selasa (31/8) akan memukimkan kembali sekitar 5.000 pengungsi Afghanistan yang dievakuasi oleh Amerika Serikat ketika pemerintah Perdana Menteri Justin Trudeau menangani masalah yang menurut para kritikus telah diabaikan selama kampanyenya untuk pemilihan kembali.

"Kami tahu ada lebih banyak hubungannya dengan berakhirnya operasi evakuasi sekutu," kata Menteri Imigrasi Marco Mendicino dalam sebuah pengarahan, menurut laporan Channel News Asia, Rabu (1/9/2021).

"Kami berusaha sekuat tenaga untuk membantu sebanyak mungkin warga Afghanistan yang ingin menetap di Kanada."

Kanada mengevakuasi 3.700 orang dari Kabul dalam beberapa pekan terakhir, di mana sekitar 2.000 adalah warga Afghanistan - dan keluarga mereka - yang telah membantu tentara dan diplomat Kanada di masa lalu. Kanada mengakhiri misinya ke Afghanistan pada tahun 2011 tetapi pelatih militer tetap bekerja sampai tahun 2014.

Para kritikus mengatakan upaya evakuasi pemerintahnya lambat dan gagal seperti yang dilakukan negara-negara lain.

Sekitar 54 persen orang Kanada berpikir Ottawa seharusnya bertindak lebih cepat untuk membantu warga Afghanistan, menurut jajak pendapat Postmedia/Leger Marketing yang diterbitkan minggu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima Pengungsi Afghanistan

Lima ribu pengungsi yang dievakuasi oleh Amerika Serikat akan dimukimkan kembali sebagai bagian dari rencana Kanada yang diumumkan sebelumnya untuk menerima lebih dari 20.000 warga Afghanistan yang rentan yang telah meninggalkan negara itu - termasuk para pemimpin perempuan, pekerja hak asasi manusia dan wartawan.

"Kami ingin menyambut keluarga Afghanistan yang telah membantu warga Kanada, yang telah berjuang untuk keadilan, yang memperjuangkan hak untuk komunitas LGBT, untuk wanita, untuk jurnalis," kata Trudeau dalam acara kampanye di Ottawa pada hari Selasa.

Kanada mengatakan pihaknya berharap untuk terus membantu warga Afghanistan yang ingin bermukim kembali selama Taliban mengizinkan mereka pergi. Sekitar 1.250 warga negara Kanada, penduduk tetap dan anggota keluarga terdampar di Afghanistan, kata Menteri Luar Negeri Marc Garneau.

"Warga Afghanistan dengan dokumen perjalanan ke negara lain harus diizinkan untuk bergerak dengan aman dan bebas ke luar negeri tanpa gangguan," kata Garneau dalam briefing tersebut. 

"Kanada dan sekutunya teguh dalam hal ini, dan kami bersatu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.