Sukses

28 Agustus 1996: Pernikahan Negeri Dongeng Ala Pangeran Charles dan Putri Diana Berakhir

Romansa pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana yang seperti dongeng berakhir di perceraian.

Liputan6.com, London - Tepat 25 tahun yang lalu, pernikahan kerajaan yang pernah dikagumi dan dipuji sebagai pernikahan dalam dongeng berakhir secara resmi, serta tercatat dalam buku-buku sejarah kerajaan.

Setelah empat tahun berpisah, Pangeran Charles dan Putri Diana secara resmi bercerai.

Pada tanggal 29 Juli 1981, hampir satu miliar pemirsa televisi di 74 negara menyaksikan pernikahan Pangeran Charles, pewaris takhta Inggris, dengan Lady Diana Spencer, seorang guru sekolah muda Inggris. 

Dikutip dari History, Sabtu (28/08/2021), mereka menikah dalam upacara akbar di Katedral St. Paul di hadapan 2.650 tamu, romansa pasangan itu saat itu membuat iri dunia.

Anak pertama mereka, Pangeran William, lahir pada tahun 1982, dan anak kedua mereka, Pangeran Harry, pada tahun 1984.

Namun, tidak lama kemudian, pasangan dongeng itu berpisah, sebuah pengalaman yang sangat menyakitkan di bawah mata media tabloid dunia di mana-mana. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratu Elizabeth II Desak Perceraian Dini

Pangeran Charles dan Putri Diana mengumumkan perpisahan pada tahun 1992, meskipun mereka terus menjalankan tugas kerajaan mereka. 

Pada Agustus 1996, dua bulan setelah Ratu Elizabeth II mendesak pasangan itu untuk bercerai, pangeran dan putri mencapai kesepakatan akhir. 

"Setelah mempertimbangkan situasi saat ini, Ratu menulis surat kepada pangeran dan putri dan memberi mereka pandangannya, didukung oleh Duke of Edinburgh, bahwa perceraian dini diinginkan," kata juru bicara istana kepada media saat itu, seperti dilansir dari Honey Nine, Sabtu (28/08/2021).

Sebagai imbalan atas penyelesaian yang murah hati, dan hak untuk mempertahankan apartemennya di Istana Kensington dan gelar Putri Wales, Diana setuju untuk melepaskan gelar Yang Mulia dan klaim masa depan atas takhta Inggris.

Pada tahun setelah perceraian, putri populer tampak baik dalam perjalanannya untuk mencapai mimpinya menjadi "ratu di hati rakyat," tetapi pada 31 Agustus 1997, dia dibunuh dengan temannya Dodi Fayed dalam kecelakaan mobil di Paris.

Kemudian, Pangeran Charles menikahi kekasih lamanya, Camilla Parker Bowles, pada 9 April 2005.

 

Reporter: Cindy Damara 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini