Sukses

Taiwan Berencana Punya Tempat Peluncuran Roket Sendiri

Taiwan bekerja sama dengan Australia tengah melakukan kesiapan untuk mengembangkan tempat peluncuran roketnya secara mandiri.

Liputan6.com, Taipei - Kepala National Space Organization (NSO) Wu Jong-shinn mengatakan pada Selasa (24/8) bahwa pemerintah Taiwan berencana membangun tempat peluncuran roket, untuk pengembangan jangka panjang program antariksa Taiwan.

Rencana tersebut diungkapkan setelah perusahaan roket komersial yang berbasis di Taiwan, TiSPACE berhasil mencari dan memperoleh persetujuan untuk meluncurkan roket buatan dalam negeri pertamanya di Australia - setelah kegagalannya menemukan lokasi peluncuran di Taiwan.

Menurut pernyataan dari Australian Minister for Industry, Science and Technology Christian Porter pada Senin (23/8) bahwa TiSPACE akan melakukan uji terbang Hapith I. Roket sains sub-orbital 2 tahap dengan jangkauan 10 meter itu bakal diluncurkan dari Whalers Way Orbital Launch Complex, yang dioperasikan oleh Southern Launch - perusahaan antariksa Australia.

Dilansir dari Focus Taiwan pada Jumat (27/8/2021), Porter mengungkapkan soal tanggal peluncuran akan ditentukan oleh TiSPACE dan Southern Launch dalam beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya Wu mengatakan bahwa TiSPACE telah dijadwalkan untuk meluncurkan roket Hapith I di sebuah situs di Desa Nantian, Taitung County, Taiwan. Walau rencana itu ditangguhkan akibat sengketa hukum.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menanti Negosiasi Penduduk dan Hukum

NSO kemudian membuat rencana agar TiSPACE meluncurkan roket penelitiannya di sebuah lokasi di Mudan Township Pingtung selatan. Namun, sebelum proposal tersebut dapat disetujui, perusahaan tersebut beralih ke Australia dan memperoleh persetujuan di sana.

Pemerintah Taiwan masih memiliki rencana jangka panjang untuk membangun situs peluncuran roket. Mengingat Kementerian Sains dan Teknologi Taiwan tahun lalu merilis seperangkat pedoman keamanan untuk peluncuran roket penelitian.

Dalam pedoman tersebut, situs di Mudan Township telah ditetapkan sebagai proyek jangka pendek untuk peluncuran roket. Akan tetapi rencana itu belum diselesaikan akibat negosiasi dengan penduduk belum rampung.

Tujuan akhir NSO adalah membangun situs peluncuran roket nasional permanen untuk pengembangan jangka panjang dari program antariksa Taiwan. Oleh karena itu, perencanaan situs peluncuran itu diharapkan akan dimulai sekitar tahun depan. Setelah pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang Pengembangan Ruang Angkasa di Masa Depan Taiwan, yang diajukan oleh MOST.

Jika RUU disahkan, itu akan memungkinkan peningkatan NSO menjadi lembaga independen langsung di bawah Kementerian Sains dan Teknologi Taiwan. Sebagaimana NSO menjadi salah satu dari delapan pusat penelitian di bawah MOST's National Applied Research Laboratories.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.