Sukses

Bantu Transportasi Oksigen Medis Cair Indonesia, India Kirim 10 Tangki Kriogenik ISO

Tangki tiba dari India pada 24 Agustus 2021 menggunakan kapal INS Airavat di Tanjung Priok.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti menyerahkan 10 Tangki Kriogenik ISO berkapasitas masing-masing 20 MT untuk pengangkutan Liquid Medical Oxygen (LMO) ke Indonesia. Tangki tiba dari India pada 24 Agustus 2021 menggunakan kapal INS Airavat di Tanjung Priok.

Menurut keterangan tertulis dari Kedutaan India di Jakarta yang diterima Kamis (26/8/2021), pengiriman ini sebagai bagian dari bantuan kemanusiaan untuk membantu Indonesia dalam memerangi gelombang kedua pandemi COVID-19. 10 tangki ini telah disediakan untuk sewa gratis oleh Pemerintah India dan Indian Oil Corporation Limited (IOCL).

Dalam perjalanan terakhirnya pada Juli 2021, INS Airavat berhasil membawa bantuan medis kritis yang diberikan oleh Pemerintah India ke Indonesia pada saat dibutuhkan.

Dalam acara serah terima bantuan kemanusiaan tersebut, Duta Besar (Dubes) Manoj menyampaikan kepuasan bahwa India kembali dapat memberikan bantuan kepada Indonesia setelah bantuan kemanusiaan dikirim ke Indonesia pada Juli 2021 dalam bentuk Liquid Medical Oxygen (LMO) sebanyak 100 MT -- yang disiapkan oleh Indian Oil Corporation Ltd (IOCL) dan 300 Oxygen Concentrators yang disiapkan oleh HLL Lifecare Ltd.

"Tangki-tangki ini akan berkontribusi pada kebutuhan tangki jenis tersebut," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan pengarahan tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada Korps Diplomatik yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri, Indonesia pada 15 Juli 2021.

Dubes Manoj berharap tangki ini dapat membantu memerangi pandemi COVID-19 di pelosok Indonesia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan dan Solidaritas Rakyat dan Pemerintah India Terhadap Indonesia

Dalam acara serah terima tersebut, perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta TNI dan Angkatan Laut hadir.

Sumarjaya, Plh. Kepala, Pusat Krisis, Kementerian Kesehatan, Indonesia mewakili Pemerintah Indonesia dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah India atas bantuan kemanusiaan 10 tangki ISO yang akan didistribusikan di tiga provinsi di Indonesia. Ia berharap hubungan yang kuat antara India dan Indonesia akan terus tumbuh lebih kuat.

Rangkaian bantuan kemanusiaan untuk Indonesia ini merupakan bentuk dukungan dan solidaritas rakyat dan Pemerintah India terhadap Indonesia, yang akan membantu semakin memperkuat hubungan antar masyarkat dan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Manoj juga meminta kepada Pemerintah Indonesia agar pembatasan perjalanan orang yang datang dari India melalui Peraturan Keimigrasian yaitu Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumhan) Nomor 27 Tahun 2021 sekarang dapat dicabut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.