Sukses

Survei: 82 Persen Orang Indonesia Yakin Masa Depan Bumi Lebih Ramah Lingkungan

Optimisme orang Indonesia tentang masa depan dunia lebih tinggi ketimbang rata-rata dunia.

Liputan6.com, Dubai - Survei dari Expo 2020 di Dubai menunjukkan optimisme Indonesia yang sangat tinggi pada masa depan dunia. Warga Indonesia mendukung infrastruktur hijau, kolaborasi global melawan pandemi COVID-19, hingga berbagi pengetahuan.

Sebanyak 82 persen orang Indonesia percaya akan masa depan Bumi yang lebih ramah lingkungan atau sustainable (berkelanjutan), sementara 81 persen optimistis Indonesia akan memiliki transportasi yang lebih hijau (ramah) pada 10 tahun ke depan.

Survei ini melibatkan 22 ribu orang di 24 negara untuk menyambut Expo 2020 di Dubai. Acara akan dibuka pada Oktober 2021.

“Expo 2020 mengembangkan studi global ini untuk membantu memahami bagaimana masyarakat dunia meyakini bahwa kita bisa menghadirkan masa depan dunia yang lebih baik," ujar Menteri Kerjasama Internasional Uni Emirat Arab, Reem Al Hashimy dalam pernyataan resmi Expo 2020, dikutip Kamis (26/8/2021).

Reem Al Hashimy juga menjadi Dirjen Expo 2020.

Warga Indonesia pun terlihat semakin sadar tentang pentingnya lingkungan di tengah pandemi COVID-19. Ada pula 42 persen responden yang ingin mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Angka itu termasuk tinggi dibanding responden global.

Indonesia juga sangat mendukung kerja sama global dalam melawan COVID-19. Terbukti, 93 persen dari Indonesia mendukung gagasan ini, lebih tinggi dari mayoritas responden dunia, yakni 86 persen.

61 persen warga Indonesia pun mendukung pentingnya berbagi ilmu serta inovasi global untuk mengurai berbagai tantangan kemanusiaan saat ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Expo 2020

Expo 2020 akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022. Expo 2020 mengundang pengunjung dari seluruh dunia untuk bergabung dalam pembentukan dunia yang baru, merayakan kreativitas, inovasi, kemajuan dan budaya manusia, dalam acara selama 6 bulan penuh. 

Ada pula Programme for People and Planet, negara-negara, organisasi, mitra, dan para pengunjung yang berpartisipasi dalam Expo 2020 akan berkolaborasi untuk membahas solusi masa depan untuk menjawab berbagai tantangan terbesar dunia.

Pihak Expo 2020 berjanji akan menghadirkan rangkaian acara selama 182 hari dengan visual yang megah, memberi pencerahan secara intelektual, dan menginspirasi secara emosional. 

Acara Expo ini juga mengunggulkan keberagaman dengan kehadiran lebih dari 200 peserta, termasuk diantaranya negara, organisasi multilateral, bisnis, institusi pendidikan, dan jutaan pengunjung.

Expo 2020 merupakan pameran World Expo pertama yang berlangsung di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan (MEASA). Expo 2020 berlokasi di area seluas 4,38 km persegi yang berdekatan dengan Bandara Internasional Al Maktoum di Dubai Selatan.

“Dalam waktu kurang dari dua bulan, Expo 2020 akan membuka pintunya untuk dunia. Kami berharap dapat menyambut jutaan pengunjung dari seluruh dunia," ujar Reem Al Hashimy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini