Sukses

Kamala Harris Resmikan CDC Asia Tenggara di Vietnam

Kamala Harris menegaskan CDC cabang Asia Tenggara akan mendukung pelatihan detektif penyakit.

Liputan6.com, Hanoi - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris meresmikan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) cabang Asia Tenggara. Lokasinya ada di Hanoi, Vietnam. 

Kamala Harris baru tiba di Hanoi pagi ini usai mengunjungi Singapura. Berdirinya CDC cabang Asia Tenggara dinilai oleh Kamala sebagai bukti pentingnya kawasan ini bagi AS.

"Kami berniat untuk membangun di atas upaya-upaya ini sebuah infrastruktur kesehatan publik di seantero Asia Tenggara," ujar Kamala Harris pada pidatonya yang disiarkan secara virtual, Rabu (25/8/2021).

Ia pun mendukung pelatihan "detektif penyakit" agar dunia lebih siap menghadapi pandemi atau krisis kesehatan publik di masa yang akan datang. 

Ketua CDC di Amerika Serikat, Dr. Rochelle Wallensky, juga memberikan dukungan terhadap CDC cabang Asia Tenggara. Dr. Wallensky berkata dunia tak akan terlindungi kecuali semua negara aman dari pandemi. 

"Pembukaan kantor ini adalah testamen dari tahun-tahun kolaborasi sukses CDC dan pemerintahan ASEAN, dan komitmen bersama kita pada kesehatan," ujarnya.

"Kita tidak bisa melindungi kesehatan negara manapun, kecuali kita melindungi kesehatan semua negara," tegas Dr. Wallensky.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Menkes AS

Menteri Kesehatan AS Xavier Becerra juga hadir secara virtual untuk mendukung peresmian CDC di Hanoi, Vietnam. Ia berkata ini sebagai persiapan untuk melawan pandemi di masa depan.

Becerra yang seorang ahli hukum menyebut hal ini sebagai tanda kuatnya kemitraan AS dengan negara-negara Asia Tenggara.

"Tidak hanya Vietnam dan AS, tetapi seluruh kawasan Asia Tenggara, dan dunia," ujarnya. 

Lebih lanjut, Kamala Harris berkata AS terus melanjutkan pengiriman bantuan vaksin COVID-19 ke Asia Tenggara. Ia pun mengumumkan ada satu juta dosis tambahan yang sedang dikirimkan ke Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.