Sukses

Ilmuwan Temukan Asteroid Baru yang Mengorbit Supercepat di Tata Surya

Baru-baru ini penemuan asteroid bernama 2021 PH27 membuat gempar dunia antariksa hingga membuat para ilmuwan mengesampingkan jadwal studi lainnya.

Liputan6.com, Antariksa - Belum lama ini asteroid bernama 2021 PH27 mampu menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari setiap 113 hari Bumi. Fenomena ini menjadi periode orbit terpendek dari objek tata surya, selain planet Merkurius, yang hanya membutuhkan 88 hari untuk mengelilingi matahari.

Namun, asteroid 2021 PH27 berjalan di jalur yang jauh lebih elips daripada Merkurius. Maka ini jauh lebih dekat dengan matahari — sekitar 12,4 juta mil (20 juta kilometer) pada pendekatan terdekat, dibandingkan dengan 29 juta mil (47 juta km) untuk Merkurius si planet terdalam.

Tim peneliti memperkirakan selama lintasan matahari yang dekat itu, permukaan asteroid 2021 PH27 menjadi cukup panas untuk melelehkan timah - sekitar 900 derajat Fahrenheit (500 derajat Celcius). Penurunan yang dalam terhadap sumur gravitasi matahari sama saja asteroid mengalami efek relativitas umum terbesar dari objek tata surya lainnya. Efek ini memiliki sedikit goyangan pada orbit elips PH27 2021 saat mengelilingi matahari.

Dikutip dari Space pada Rabu (23/8/2021), nantinya orbit itu akan tidak stabil dalam jangka panjang. Asteroid 2021 PH27 kemungkinan akan bertabrakan dengan matahari, Merkurius atau Venus beberapa juta tahun dari sekarang. Bilamana tidak dikeluarkan dari jalurnya saat ini oleh interaksi gravitasi terlebih dahulu.

Asteroid 2021 PH27 pertama kali terlihat pada 13 Agustus oleh para astronom melalui Dark Energy Camera (DEC), instrumen serbaguna yang kuat yang dipasang pada Teleskop 4 meter Víctor M. Blanco di Cerro Tololo Inter-American Observatory di Chili.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuat Studi Lain Tertunda

Berkat pengamatan lebih lanjut oleh DEC dan Teleskop Magellan di Observatorium Las Campanas di Chili. Terlebih lagi ruang lingkup yang lebih kecil di Chili dan Afrika Selatan yang dioperasikan oleh Observatorium Las Cumbres. Sehingga para tim peneliti dapat menentukan orbit asteroid selama beberapa hari ke depan. Namun, pengamatan asteroid PH27 2021 membuat beberapa pengamatan lainnya menjadi tertunda.

"Meskipun waktu teleskop untuk para astronom sangat berharga, sifat internasional dan cinta yang tidak diketahui membuat para astronom sangat bersedia mengesampingkan sains. Pengamatan ini demi menindaklanjuti penemuan baru yang menarik seperti ini," tegas pemimpin tim penemuan Scott Sheppard, seorang astronom di Carnegie Institution for Science di Washington DC.

Para tim memperkirakan bahwa asteroid 2021 PH27 memiliki lebar sekitar 0,6 mil (1 km). Asteroid ini mungkin berasal dari sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter, kemudian terjun ke dalam akibat interaksi gravitasi dengan satu atau lebih planet.

Sementara jalur orbit 2021 PH27 dimiringkan 32 derajat relatif terhadap bidang tata surya. Kecenderungan tinggi seperti itu menunjukkan bahwa itu mungkin sebuah komet punah yang lahir di tata surya terluar jauh. Kemudian ditangkap ke orbit yang lebih dekat setelah melewati Mars, Bumi, atau planet berbatu lainnya.

Pengamatan lebih lanjut dirasa akan lebih memecahkan misteri ini, tetapi Sheppard dan astronom lainnya harus menunggu beberapa bulan untuk mengumpulkan lebih banyak data. Asteroid 2021 PH27 sekarang bergerak di belakang matahari dari sudut pandang bumi. Dimana itu tidak akan muncul kembali hingga awal 2022.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.