Sukses

Flying Dutchman, Ini 10 Kapal Hantu Misterius dan Kisah Horor Tersohor

Inilah kisah dari 10 kapal hantu terkenal yang penuh misteri dan teka-teki

Liputan6.com, Jakarta Misteri, ketakutan, teka-teki meliputi kisah kapal hantu pelaut, atau kapal hantu yang telah diwariskan selama berabad-abad oleh pelaut, pemancing, dan lainnya.

Kapal-kapal misterius ini dibayangkan sebagai hantu yang muncul di tengah laut, kemudian menghilang dengan cepat, dan tampaknya merupakan pertanda buruk.

Selain itu, kapal-kapal yang ditelantarkan dan ditemukan terapung-apung, atau dibiarkan terlantar dalam keadaan yang menakutkan dan penuh teka-teki juga termasuk dalam kategori tersebut.

Meski semua ini adalah legenda laut yang kurang otentik, beberapa kapal berhantu ini terus memancing spekulasi dan antisipasi yang menakutkan.

Inilah 10 kapal hantu misterius di dunia maritim, mungkin memberikan rasa takut dan merinding, dilansir dari laman Marine Insight, Senin (23/8/2021).

1. The Flying Dutchman

Properti The Flying Dutchman untuk film

Dalam cerita rakyat maritim, kapal hantu ini meninggalkan dampak luar biasa yang tiada duanya, dengan menjadi inspirasi untuk berbagai lukisan, film, buku, opera, dan lain-lain.

Van der Decken, sang kapten, yang dalam perjalanannya menuju Hindia Timur, dengan tekad yang kuat mencoba mengarahkan kapalnya melalui cuaca yang buruk di Cape of Good Hope, tetapi gagal total. Bahkan setelah sang kapten bersumpah untuk hanyut sampai hari kiamat.

Legenda mengatakan bahwa sejak saat itu mereka telah dikutuk untuk mengarungi lautan selamanya.

2. The Mary Celeste

Ukiran Mary Celeste (wikimedia commons)

Mungkin ini adalah kisah nyata kapal hantu paling terkenal yang meliputi Mary Celeste.

Mary Celeste ditemukan terapung di Samudera Atlantik tahun 1872 dalam kondisi yang sama sekali tidak terluka dengan layar yang masih terpasang, barang-barang pribadi kru, dan ruang kargo lebih dari 1.500 barel alkohol tidak tersentuh.

Satu-satunya hal yang hilang adalah sekoci, buku catatan harian kapal, dan yang paling penting, seluruh kru. Karena serangan bajak laut dianggap tidak mungkin menyebabkan hal tersebut, berbagai teori-teori muncul. Mulai dari teori pemberontakkan kru, angin puting beliung yang mematikan, dan mengonsumsi makanan beracun menyebabkan kegilaan muncul.

Bagaimanapun, penjelasan yang paling masuk akal adalah mungkin ada badai atau semacam masalah teknis yang memaksa kru segara meninggalkan kapal dengan sekoci, kemudian meninggal di laut. Terlepas dari semua itu, kapal berhantu ini dikelilingi spekulasi hantu dan bahkan monster laut, serta teori penculikan alien.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. The Lady Lovibond

Sebuah kisah cinta, kecemburuan, kemarahan yang menarik melengkapi kisah kapal angker yang satu ini. Pada 1748, sehari sebelum hari valentine, kapal tersebut akan berlayar sebagai perayaan pernikahan nakhoda kapal.

Namun demikian, first mate kapalnya saat itu, yang juga mencintai pasangan nakhoda, karena dendam, akhirnya mengarahkan kapal ke Goodwind Sands yang terkenal kejam, menenggelamkannya, dan membunuh semua orang yang ada dalam kapal.

Sejak saat itu, kapal tersebut terlihat setiap 50 tahun setelah berlayar di sekitar Kent.

Tahun 1798, 1848, 1898 dan 1948 telah menjadi saksi kapal ini berlayar. Beberapa kapal bahkan benar-benar mengirimkan penyelamat, dengan asumsi kapal tersebut dalam kesulitan. Meski tidak ada yang mengonfirmasi melihat kapal tersebut pada tahun 1998, kapal hantu yang terkenal ini terus menjadi legenda.

4. The Joyita

The Joyita ditemukan hanyut pada tahun 1955 (wikimedia commons)

Pada 1955, kapal nelayan sewaan ini ditemukan terbengkalai di Pasifik Selatan, 5 minggu setelah dilaporkan terlambat. Petugas pencarian udara tidak dapat melacaknya, hingga sebuah kapal dagang menemukannya terhanyut hampir 600 mil (1,5 km) dari tempat aslinya, tanpa tanda awak maupun kargo.

Ada sebuah tas dokter dan beberapa perban berdarah di geladak kapal dan radio disetel ke sinyal marabahaya universal. Namun, apa yang terjadi sebenarnya tak pernah terungkap karena tak ada kru kapal yang pernah terlihat lagi.

5. The Octavius

Ilustrasi kapal yang terbengkalai (pixabay)

Octavius menjadi lebih dari sekadar legenda pada tahun 1775 ketik sebuah kapal pengangkap ikan paus, Herald, menemukannya hanyut tanpa arah di lepas pantai Greenland. Semua awak  membeku hingga mati oleh dinginnya Arktik.

Lebih seramnya, kapten kapal ditemukan terduduk di mejanya dengan buku catatan, menyelesaikan entri log dari tahun 1762.

Berkaitan dengan ini, dapat diartikan bahwa Octavius telah mengambang selama 13 tahun dan menyelesaikan perjalanannya ke Atlantik. Saat kembali ke Inggris melalui Orient melalui Northwest Passage, kapal tersebut berubah jadi kapal hantu.

6. The Baychimo

The Baychimo terperangkap di es (wikimedia commons)

Dibangun pada awal tahun 1920-an, ini adalah salah satu kisah nyata dari kapal hantu. Pada 1931, kapal ini terperangkap di es dekat Alaska. Tidak ada harapan lain bagi sang pemilik, Hudson Bay Company, sehingga terpaksa meninggalkan kapal tersebut.

Namun, kapal tersebut secara luar biasa tetap terombang-ambing selama 38 tahun setelahnya. Kapal terbengkalai ini juga sering terlihat mengambang tanpa tujuan di perairan Alaska.

Kondisi cuaca selalu membuatnya tidak mungkin diselamatkan. Namun, sejak 1969, The Baychimo tidak pernah terlihat sama sekali. Beberapa ekspedisi telah diluncurkan untuk melacak kapal hantu misterius ini.

3 dari 3 halaman

7. The Carroll A. Deering

Kapal ini kandas di Diamond Shoals yang terkenal di dekat Cape Hatteras, California utara pada 1921, di mana sebelum kapal itu sempat terjebak selama beberapa hari sebelum tim penyelamat sampai.

Setelah itu, penjaga pantai menemukan bahwa peralatan, buku catatan kapal, dan sekoci hilang dari kaopal yang terbengkalai tersebut.

Investigasi menunjukkan beberapa kapal telah hilang dalam keadaan misterius sekitar waktu yang sama. Diduga, ini adalah perbuatan biadab dari bajak laut, pemberontakan kru, atau aktivitas luar angkasa di sekitar segitiga bermuda yang terkenal.

8. The Ourang Medan

Ilustrasi kapal hantu (wikimedia commons)

Pada 1947, dua kapal Amerika sedang melewati selat Malaka untuk melakukan misi penyelamatan setelah menerima panggilan darurat dari Ourang Medan.

Penelepon mengaku sebagai anggota kru dan menyampaikan pesan bahwa semua orang di kapal telah meninggal. Kata-kata aneh tersebut diakhiri dengan “Aku mati”. Tim penyelamat menemukan kapal tersebut tanda cacat. Namun, seluruh kru, termasuk anjing, meninggal dengan wajah dan ekspresi ketakutan.

Sebelum penyelidikan lebih lanjut dilakukan, kapal terbengkalai itu terbakar dan meledak. Diduga karena paparan nitrogliserin yang berlebihan, yang dibawa secara ilegal. Misteri lainnya berkisar pada kisah aktivitas paranormal dan invasi alien. 

9. The SS Valencia

The SS Valencia (wikimedia commons)

Pada 1906, SS Valencia tenggelam di lepas pantai Vancouver, British Columbia setelah menghadapi cuaca buruk di dekat Cape Mendocino. Setelah itu, kapal tersebut mnejadi subyek cerita hantu misterius.

Alhasil, 37 dari hanya 108 orang diselamatkan dengan sekoci, diantaranya, ada 1 orang yang hilang begitu saja.

Sejak itu, banyak nelayan mengaku menyaksikan penampakan kapal hantu dengan kerangka manusia bahkan setelah beberapa dekate kapal tersebut tenggelam.

10. The Caleuche

Ilustrasi kapal hantu (wikimedia commons)

Yang satu ini adalah legenda mitologi Chilota, di mana sebuah kapal hant muncul di dekat Pulau Chiloe, dikatakan kapal tersebut membawa arwah semua orang yang telah tenggelam di laut.

Caleuche sangat cantik dan cerah, dikelilingi musik pesta dan tawa.

Namun, itu hanya berlangsung beberapa saat. Kapal tersebut tiba-tiba menghilang atau tenggelam dibawah air. Tiga 'roh air' Chilota - Sirena Chilota, Pincoya, dan Picoy - yang menyerupai putri duyung, memanggil roh orang yang tenggelam.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.